Pembelaan pada Zaskia Mecca yang Dihujat Polemik Bangunkan Sahur Via Toa Masjid

Jakarta

Zaskia Adya Mecca nyatanya menuai hujatan karena kritik cara bangunkan sahur yang teriak-teriak menggunakan toa masjid. Bukannya anti toa masjid, Hanung Bramantyo pun membela.

Banyak netizen yang salah sangka dengan kritikan Zaskia Adya Mecca. Netizen merasa membangunkan sahur dengan toa masjid sudah biasa, tapi yang harus digarisbawahi maksud Zaskia Adya Mecca adalah mengkritik cara membangunkan sahur yang teriak-teriak.

Hanung Bramantyo, sebagai suami pun memberikan penjelasan terkait maksud sang istri. Bukan bangungkan sahur menggunakan toa masjid yang dianggap, tapi cara membangunkannya yang teriak-teriak serta menggunakan kata-kata yang dianggap kurang pas.

“Orang-orang kok ya pada salah sangka. Dikiranya saya dan istri anti toa. Baca berita yang benar kenape? Zaskia protes kepada orang-orang yang menggunakan toa dengan cara yang tidak ramah. Teriak-teriak dengan dalih bangunin orang sahur, memangnya semua orang puasa?” jelas Hanung Bramantyo dalam laman Instagramnya.

Cara membangunkan yang teriak-teriak dan menggunakan kata-kata yang kurang pas menggunakan toa masjid, bisa mengganggu mereka yang tidak berpuasa, menurut Hanung Bramantyo. Tentu saja itu salah satu cerminan yang tidak mencontohkan toleransi beragama.

“Selain yang beragama Islam, orang-orang yang tidak diwajibkan sahur yaitu anak di bawah umur, lansia, orang sakit dan ibu menyusui,” sambungnya.

“Nih syariatnya, ‘sesungguhnya Bilal melakukan adzan di malam hari (sebelum subuh) untuk membangunkan orang yang tidur diantara kalian. Orang yang tahajud bisa kembali istirahat (untuk persiapan subuh)’. Nggak teriak-teriak Sahuuuurrr!! Ibu-ibu ayo masaaak, tapi pakai adzan. Adzannya pun harus diseleksi suaranya,” tukas Hanung Bramantyo.

Ungkapan Hanung Bramantyo ini bertujuan untuk memberikan penjelasan bagi mereka yang salah sangka dengan maksud Zaskia Adya Mecca.

Halaman selanjutnya, Zaskia Adya Mecca tabayun dengan pria yang dia kritik cara bangunkan sahur via toa masjid



Source