Pemberangkatan TKI ke Timur Tengah Diberhentikan

Sumbawa Besar, Gaung NTB – BNP2TKI melarang pemberangkatan tenaga kerja formal ke Timur Tengah, hal ini membuat para PPTKIS yang berencana memberangkatan TKI ke Timur Tengah menjadi terkendala.

Kabid Penta Kerja, Zainal Arifin, SPt, MSi yang dikonfirmasi Gaung NTB, menyampaikan bahwa bagi TKI yang berada dipenampungan akan tetap diberangkatkan, karena mereka sudah diproses dari awal mulai dari seleksi maupun pada tahapan BA.

Sementara terkait dengan larangan tersebut menurut Arifin, hanya dikeluarkan secara lisan oleh BNP2TKI.

Berdasarkan informasi yang diperolehnya beberapa PPTKIS yang menampung TKI di penampungan tinggal menunggu jadwal pemberangkatannya saja dalam waktu 2 atau 3 hari, bahkan sudah ada yang diberangkatkan untuk job formal.

Akan tetapi untuk pemberangkatan ke wilayah Timur Tengah untuk job formal mulai saat ini tidak akan diproses. Papar Arifin
Terkait dengah isu pemberhentian pengiriman TKI ke Timur Tengah itu, menurut Arifin, apabila sudah ada surat edaran secara resmi, dia akan sebarkan kepada para PPTKIS yang ada.

Bahkan katanya, sebelum ada surat resmi dari BNP2TKI terkait dengan masalah tersebut, Disnaker Sumbawa melalui Penta Kerja telah memanggil beberapa PPTKIS untuk duduk bersama membicarakan hal itu dan mencari  solusi terbaik atas situasi yang terjadi di pusat.

Selain itu Arifin juga menegaskan bahwa larangan tersebut langsung dikeluarkan dan diinstruksikan secara lisan oleh Kepala BNP2TKI dengan alasan beberapa pertimbangan teknis.