Pemerintah diminta konsisten soal aturan pulang kampung

Ia juga meminta pemerintah menyiapkan mekanisme detail terkait pelarangan mudik.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Ketua DPR Puan Maharani meminta pemerintah konsisten menerapkan aturan larangan mudik. Hal tersebut disampaikan Puan saat berkunjung ke Kabupaten Cirebon, Jawa Barat untuk mengkaji implementasi aturan larangan pulang alias mudik Lebaran 2021, Rabu (5/5).

“Kunjungan ini dalam rangka melaksanakan tugas pengawasan terhadap aturan mudik Idul Fitri. Kami berharap aturan tersebut benar-benar dilaksanakan secara adil, demi kebaikan kita bersama,” ucapnya.

Dia meminta pemerintah konsisten dengan kebijakan yang diambil terkait pengendalian mobilitas warga selama periode mudik Lebaran untuk mencegah penyebaran Covid-19. Menurutnya, konsistensi dalam melaksanakan kebijakan di lapangan harus dilakukan untuk mencapai hasil yang diharapkan. Ia menilai, agar konsisten dalam pelaksanaan dan pengawasannya, mekanisme tersebut harus disiapkan sejalan dengan penyiapan sumber daya pendukung.

“Larangan kegiatan mudik harus adil dan konsisten, sehingga harus disiapkan mekanisme dan sumber daya pendukung,” ucapnya.

Ia juga meminta pemerintah menyiapkan mekanisme detail terkait larangan mudik lebaran agar tidak menimbulkan kebingungan di masyarakat. Ia berharap masyarakat bisa sama-sama memahami dan menahan diri untuk tidak mudik guna mencegah penularan Covid-19.

“Mengatasi penyebaran Covid-19 sekaligus menjaga perekonomian tetap berjalan memang tidak mudah. ​​Di sini pentingnya menerapkan regulasi dengan mekanisme yang detail, konsisten, dan fair,” ujarnya.

sumber: Antara




Source