Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah Memasang Fiber Optic Panjang 24 Km

Pemasangan fiber optik merupakan salah satu bentuk kontribusi untuk mendukung program internet desa

REPUBLIKA.CO.ID, KOBA – Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), memasang jaringan serat optik (FO) sepanjang 24 kilometer di Kecamatan Sungaiselan. Hal itu dilakukan untuk memudahkan warga mendapatkan informasi terkait program pemerintah daerah melalui akses internet.

“Saat ini infrastruktur FO sepanjang 24 kilometer sudah terpasang dengan titik utama di Dusun Pangkalraya bekerja sama dengan PT Indonesia Comnets Plus,” kata Plt Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Kabupaten Bangka Tengah, Erwin David di Koba, Kamis (8/1). / 4).

Dia menjelaskan, pemasangan FO diserahkan sepenuhnya kepada PT Indonesia Comnets Plus tanpa dipungut biaya apapun kepada pemerintah daerah. “Pemerintah daerah tidak memiliki beban anggaran untuk pembangunan FO. Ini sebagai bentuk kontribusi perusahaan dalam mendukung program internet desa,” ucapnya.

Dijelaskannya, semua warga Sungaiselan bisa mengakses internet tanpa ada kendala untuk mendapatkan berbagai informasi terkait program pemerintah daerah. “Khusus di SDN 21 dan SMPN 3 Sungaiselan, disediakan fasilitas layanan internet gratis untuk menunjang kegiatan belajar mengajar,” ujarnya.

Namun, kata dia, masyarakat umum juga bisa mendapatkan akses internet gratis di kedua institusi pendidikan tersebut. “Internet gratis bisa didapatkan di SDN 21 dan SMPN 3 Sungaiselan, sebaliknya akses internet tetap berbayar. Namun setidaknya masyarakat bisa terlayani jaringan internet hingga pelosok di Kecamatan Sungaiselan,” ujarnya.

Ia juga mengatakan, ke depan pemerintah daerah menargetkan seluruh pelosok desa terlayani jaringan internet tanpa hambatan. “Bupati ingin setiap desa memiliki rumah internet gratis, tentunya akan kami tindaklanjuti dan komunikasikan hal ini dengan PT Indonesia Comnets Plus untuk kemajuan dan teknisnya,” ujarnya.

sumber: antara




Source