Pemerintah Kabupaten Gunungkidul Salurkan Bansos Tertunda

REPUBLIKA.CO.ID, GUNUNGKIDUL – Pemerintah Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta kembali menyalurkan bantuan sosial tunai kepada keluarga kurang mampu di wilayah ini. Sebelumnya, penyaluran bansos sempat tertunda akibat verifikasi data dengan mencocokkan nama dengan Nomor Induk Kependudukan sesuai arahan Kementerian Sosial.

Kepala Bidang Kesejahteraan Sosial Dinas Sosial Gunungkidul Hadi Hendro Prayogo mengatakan bantuan sosial tunai (BST) disalurkan kepada warga kurang mampu mulai Minggu (18/4) hingga Kamis (22/4) melalui PT Pos Indonesia.

“Pendistribusian BST Maret sempat tertunda hingga April ini. Hal ini dikarenakan verifikasi data dilakukan oleh pemerintah pusat. Verifikasi yang dilakukan adalah pencocokan nama, NIK, alamat yang harus sama dengan data dari pusat. Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil, “kata Hadi. , Rabu (21/4).

Ia mengatakan pada Februari ada 35.402 rumah tangga yang mendapat bantuan. Kemudian dari verifikasi yang dilakukan untuk penerima Maret dan April terdapat 30.668 KK. “Mudah-mudahan tidak ada lagi perubahan kebijakan dari pusat terkait data penerima BST. Penerima BST di Gunungkidul sudah memenuhi kriteria yang ditentukan pusat,” ujarnya.

Menurut dia, periode Maret dan April merupakan periode terakhir penyaluran BST kepada keluarga miskin di daerah. Hingga saat ini belum ada informasi dari Kementerian Sosial mengenai apakah penyaluran bantuan ini akan diperpanjang atau tidak.

“Ini bantuan yang terakhir. Bagaimana ke depan, kami menunggu arahan dari pemerintah pusat,” ujarnya.


Source