Pemerintah Kota Cirebon Upayakan Percepatan Vaksinasi Lansia

    REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON – Pemerintah Kota (Pemkot) Cirebon berupaya mempercepat vaksinasi Covid-19 bagi lansia. Pasalnya, hingga 18 April, cakupan vaksinasi untuk lansia dilaporkan hanya berkisar 5,29 persen dari target.

    Menurut Sekretaris Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cirebon, Katibi, ada sekitar 34.812 lansia yang menjadi sasaran vaksinasi Covid-19. Sedangkan yang sudah divaksinasi tahap pertama hanya sekitar 1.843 orang. Karena itu, pemerintah daerah berupaya mempercepat pelaksanaan vaksinasi bagi warga lanjut usia tersebut.

    Pada Senin (19/4), misalnya, vaksinasi Covid-19 terhadap warga lanjut usia terjadi di kawasan Kecamatan Lemahwudul. Vaksinasi diumumkan serentak di Baperkam RW 03 Banjar Melati, Desa Kasepuhan, Puskesmas Pegambiran, dan Puskesmas Cangkol. Sebanyak 2.736 warga di Kecamatan Lemahwbump tergolong lansia, kata Sekretaris Camat Lemahwbump, Hikmah Munafidah.

    Hari itu, 153 warga lanjut usia dijadwalkan mengikuti vaksinasi di Baperkam RW 03 Banjar Melati. Di Puskesmas Pegambiran, vaksinasi dijadwalkan untuk 75 lansia dan 35 di Puskesmas Cangkol untuk lansia. Menurut Kepala Puskesmas Kesunean Andy Benjamin Setiadi, dari 153 lansia yang mendaftar vaksinasi di Baperkam RW 03 Banjar Melati, sebagian besar sudah lolos pemeriksaan kesehatan, sehingga bisa divaksinasi. “Hanya sebagian kecil yang tidak lolos karena ada yang tekanan darahnya tinggi,” kata Andy.

    Andy menuturkan, bagi lansia yang gagal divaksinasi kali ini bisa mengikuti kegiatan di RW lain. Nantinya, para lansia tersebut juga akan dites kondisi kesehatannya sebelum diizinkan untuk divaksinasi.

    Menurut Hikmah, vaksinasi tahap pertama untuk warga lanjut usia lainnya di Kecamatan Lemahwudul akan berlanjut hingga 10 Mei mendatang. Rencana vaksinasi kedua dijadwalkan pada 19 Mei.

    Selain di Kabupaten Lemahwudul, vaksinasi Covid-19 untuk lansia juga dilakukan di wilayah Kabupaten Kesambi. Camat Kesambi Buntoro Tirto mengatakan, pada hari pertama 150 lansia diajak menjalani vaksinasi. “Saya melihat para lansia yang datang sangat antusias untuk divaksinasi. Dari 150 yang diundang hari ini, seratus persen datang,” ucapnya.

    Buntoro mengatakan, bagi warga lanjut usia di Kecamatan Kesambi yang belum mendapat undangan vaksinasi Covid-19 bisa melakukan registrasi di RW dan kelurahan masing-masing. Undangan jadwal vaksinasi nantinya akan diberikan melalui kelurahan dan RW.

    Menurut Kepala Puskesmas Kesambi, Wasilah Dinijati, ada sekitar 9.963 lansia yang menjadi sasaran vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Kesambi. Vaksinasi Covid-19 tahap pertama untuk lansia ditargetkan selesai sebelum Lebaran. “Nanti akan dilanjutkan dengan vaksinasi Covid-19 tahap kedua setelah 28 hari,” kata Wasilah.


    Source