Pemerintah mengalokasikan triliunan rupiah untuk memulihkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif

    Wartawan Tribunnews.com, Reynas Abdila

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan pemerintah telah mengucurkan triliunan rupiah untuk membantu sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

    Hal ini karena sektor pariwisata dan ekonomi kreatif mampu membuka lapangan kerja yang luas.

    “Pemulihan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif menciptakan lapangan kerja yang seluas-luasnya,” kata Airlangga dalam Rapat Koordinasi Nasional Parekraf 2021, Senin (27/9/2021).

    Pemerintah telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp 7,67 triliun untuk mendukung pengembangan kawasan strategis pariwisata nasional, ekowisata dan pelatihan sumber daya manusia pariwisata.

    Airlangga menambahkan, pemerintah juga meningkatkan Bantuan Insentif Pemerintah (BIP) menjadi Rp 60 miliar tahun ini.

    Baca juga: Menparekraf Sandiaga Isyarat Pembukaan Pembatasan Wisatawan Asing Awal Oktober

    Sasarannya adalah mengembangkan subsektor aplikasi, game developer, kriya, fashion, dan kuliner.

    Hibah pariwisata yang telah disalurkan ke hotel, restoran, biro perjalanan, pengelola destinasi, dan taman rekreasi mencapai Rp 3,7 triliun.

    “Hibah ini membantu pemerintah daerah yang sedang mengalami penurunan pendapatan asli daerah dari sektor pariwisata, seperti hotel dan lainnya,” kata Airlangga.

    Baca juga: 800 UMKM Terima Bantuan Jaring Pengaman Usaha dari Kemenparekraf

    Pemerintah mendorong agar Sertifikasi Cleanliness, Health, Safety, Environment Sustainability (CHSE) dijalankan guna meningkatkan kepercayaan masyarakat untuk kembali berwisata.



    https://www.tribunnews.com/bisnis/2021/09/28/pemerintah-alokasikan-anggaran-triliunan-rupiah-untuk-pulihkan-sektor-pariwisata-dan-ekonomi-kreatif