Pemerintah Mengundang Orang untuk Kembali Menonton Bioskop

    Laporan Jurnalis Tribunnews, Larasati Dyah Utami

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Pemerintah melalui Menteri Tenaga Kerja (Menaker) Ida Fauziyah mengajak masyarakat untuk kembali menonton bioskop sebagai bentuk dukungan terhadap industri film nasional yang mengalami penurunan jumlah penonton yang cukup signifikan akibat pandemi COVID-19.

    Pada Kamis (27/5/2021), Menteri Tenaga Kerja Ida mengundang perwakilan Pekerja / Serikat Buruh (SP / SB) untuk menonton film Tjoet Nja ‘Dhien’ di XXI Plaza Senayan, Jakarta Pusat.

    Ida memastikan kegiatan joint viewing dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes) dan sebagai bagian dari pengaktifan safe watching di bioskop.

    “Kami pastikan kepada teman-teman bahwa pemerintah ada di sini untuk memulai gerakan #K KembaliKeBioskop dan memastikan bioskop aman, nyaman dengan penerapan protokol kesehatan,” kata Menaker Ida Fauziyah di Plaza Senayan, Jakarta, Kamis (27/5 / 2021).

    Baca juga: Inilah alasan BPOM pernah merekomendasikan Kapsul Lianhua Qingwen sebagai obat donasi Covid-19

    Ida berusaha meyakinkan dan mengajak masyarakat untuk tidak takut kembali menonton film di bioskop.

    Menurutnya, dibukanya kembali bioskop di seluruh tanah air, setelah terhenti akibat pandemi, menjadi momentum kebangkitan industri film nasional dan sineas film nasional.

    “Sudah saatnya orang-orang film bangkit kembali dari keterpurukan akibat pandemi. Ini melibatkan semua artis, kemudian kru dan manajemen gedung bioskop. Itu yang penting untuk saat ini,” ujarnya.

    Sutradara film ‘Tjoet Nja Dhien’, Eros Djarot mengucapkan terima kasih kepada Menaker Ida dan serikat pekerja yang menyaksikan filmnya.

    Eros yakin perfilman Indonesia akan bangkit, apalagi mendengar dukungan Menaker Ida yang dinilai memiliki kepedulian terhadap dunia perfilman.

    “Saya yakin Ainul yaqin, bahkan haqqul yaqin, yang dikatakan bukan hanya lip service saja, tapi merupakan kebijakan sebelum tahun 2024 insya Allah perfilman Indonesia bisa bangkit dan naik lagi dan lagi,” kata Eros.

    Film ‘Tjoet Nja’ Dhien ‘adalah sebuah drama biografi sejarah Indonesia tahun 1988 yang dipugar di Belanda.

    Film ini disutradarai oleh Eros Djarot dan dibintangi oleh Christine Hakim sebagai ‘Tjoet Nja Dhien’, Piet Burnama sebagai Panglima Laut, Slamet Rahardjo sebagai Teuku Umar dan juga didukung oleh Rudy Wowor.

    Film ini memenangkan 8 Piala Citra di Festival Film Indonesia (FFI) pada tahun 1988.

    Selain Film Terbaik, Piala Citra yang diraih juga untuk kategori Sutradara Terbaik (Erros Djarot), Aktor Wanita Terbaik (Christine Hakim), Skenario Terbaik (Erros Djarot), Kisah Asli Terbaik (Erros Djarot), Sistem Sinematografi Terbaik (George Kamarullah), Artistik Terbaik Tata (Benny Benhardi), dan Sistem Musik Terbaik (Idris Sardi).



    https://www.tribunnews.com/nasional/2021/05/28/pemerintah-ajak-masyarakat-kembali-nonton-di-bioskop