Pemilik Warung Makan Buka Lebih Awal. Diperingatkan

    Warung makan di Padang hanya bisa beroperasi mulai pukul 16.00 WIB.

    REPUBLIKA.CO.ID, PADANG – Dua pemilik warung makan di By Pass, Lubuk Begalung, Kota Padang, Sumatera Barat mendapat teguran dari Satpol PP setempat. Pasalnya, kedua warung makan itu kedapatan buka lebih awal sebelum waktu yang ditentukan di bulan Ramadhan.

    Kepala Bidang Penegakan Peraturan Perundang-undangan Daerah (P3D) Satpol PP Padang Bambang Suprianto di Padang, Minggu (18/4) mengatakan, sesuai Surat Edaran Wali Kota Padang, warung makan dan lainnya baru bisa beroperasi mulai pukul 16.00 WIB. . Ia menceritakan kronologis kejadian yang dimulai dari Satpol PP Kota Padang hingga menerima laporan dari warga sekitar bahwa ada warung makan yang buka sebelum pukul 16.00 WIB.

    “Begitu mendapat laporan, kami langsung menuju lokasi dan petugas menemukan bahwa pemilik warung makan sudah memajang lauk pauk di etalase toko dan mengaku dipajang untuk buka puasa,” ujarnya.

    “Saat dimintai keterangan, pemilik mengaku stok makanan sudah tersedia untuk dijual sore hari. Warung makan yang beroperasi sebelum waktunya di bulan puasa bisa mengganggu ketertiban dan kenyamanan umat Islam dalam berpuasa,” ujarnya.

    Terakhir, Satpol PP Padang mengingatkan kepada pemilik toko agar tidak buka pada siang hari untuk menghormati umat Islam yang berpuasa. “Silakan jual, tapi sesuai waktu yang ditentukan berdasarkan Surat Edaran Walikota,” ujarnya.

    Kepala Satpol PP Padang Alfiadi mengimbau kepada seluruh pedagang untuk berjualan sesuai waktu yang telah ditentukan. Menjual makanan mulai pukul 16.00 WIB.

    “Pemerintah Kota Padang juga sudah mengatur kegiatan restoran selama bulan puasa, bukan untuk melakukan kegiatan nanti sehingga bisa dilakukan tindakan sesuai poin yang ada di Surat Edaran Walikota,” ujarnya.

    Alfiadi mengatakan, pihaknya akan terus menyisir Kota Padang dan aktif melakukan pengawasan demi menjaga ketertiban dan keamanan.

    sumber: Antara




    Source