Pemkab: Prestasi Vaksinasi Belum Turunkan Level PPKM

    Untuk menurunkan tingkat PPKM, harus ada studi epidemiologi dan cakupan vaksinasi masyarakat

    REPUBLIKA.CO.ID, BANTUL — Pemerintah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menyatakan, pencapaian vaksinasi Covid-19 di daerah tersebut belum meyakinkan pemerintah untuk menurunkan tingkat Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). bahwa tingkat PPKM masih level 4.

    Bupati Bantul Abdul Halim Muslih di Bantul, Jumat (3/9), mengatakan, untuk bisa menurunkan tingkat PPKM dalam pengendalian penyebaran Covid-19 di daerah, harus berdasarkan kajian epidemiologis penurunan jumlah penduduk aktif. kasus dan cakupan vaksinasi bagi masyarakat. hanya berdasarkan atau melihat penurunan kasus aktif, tetapi ada beberapa potensi yang belum meyakinkan untuk diturunkan ke level 3, salah satunya pencapaian vaksinasi kami belum 70 persen,” katanya.

    Dengan demikian, kata dia, Pemkab Bantul tetap melaksanakan PPKM level 4 dan diperpanjang hingga 6 September, meski kasus aktif atau pasien positif yang masih diisolasi mengalami penurunan, seiring dengan angka kesembuhan harian yang terus meningkat, lebih banyak dari kasus baru. Yang lebih menggembirakan adalah menurunkan level ke level 3 atau level 2, ukurannya 70 persen vaksinasi, kami hanya 48 persen belum yakin untuk menurunkan ke level 3, meskipun ini telah menurun secara konsisten, “katanya.

    Bupati mengatakan, jumlah kasus aktif Covid-19 di Bantul per hari masih sekitar dua ribu orang, dibandingkan beberapa pekan lalu yang sempat menyentuh angka 14 ribu kasus aktif. terus mengintensifkan percepatan vaksinasi Covid-19, dengan harapan hingga akhir tahun bisa mencapai seratus persen dari target vaksinasi 836 ribu orang. Kesehatan dan beberapa institusi melakukan mob, sekarang peningkatan cakupan vaksinasi cukup tajam,” kata Halim Muslih.

    sumber: antara



    https://www.republika.co.id/berita/qyv4yy380/pemkab-capaian-vaksinasi-belum-turunkan-level-ppkm