Pemkab Temanggung Siapkan Lahan Baru untuk TPA Sampah

    REPUBLIKA.CO.ID,TEMANGGUNG — Pemerintah Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, menyiapkan lahan baru untuk pengolahan akhir (TPA) sampah untuk mengantisipasi TPA Sanggrahan yang saat ini hampir penuh.

    Kepala Dinas Kebersihan dan Persampahan Perumahan Rakyat, Permukiman dan Lingkungan Hidup Kabupaten Temanggung Ferry Wisnu Cahyo mengatakan TPA baru rencananya akan dibangun di Kecamatan Bejen.

    Dia menyampaikan alasan pembangunan TPA baru tersebut karena TPA Sanggarahan dengan luas sekitar 4,5 hektar yang telah digunakan sejak 2012 diharapkan akan penuh pada tahun 2021. Menurutnya, lokasi yang akan digunakan untuk membangun TPA baru di kawasan Bejen merupakan tanah milik Pemerintah Kabupaten Temanggung sehingga tidak perlu melakukan pekerjaan konstruksi apapun. Akuisisi tanah.

    “Yang paling perlu dilalui adalah studi kelayakan, karena kontur kawasan sudah memenuhi syarat,” katanya.

    Ia menyampaikan, pembangunan TPA di Temanggung Utara direncanakan di kawasan Jumo pada 2018 dan sudah ada kajian, namun karena masalah harga tanah yang tinggi, rencana pembangunan TPA tidak bisa terealisasi. “Karena masyarakat meminta harga tanah terlalu tinggi, itu di luar kewajaran, sehingga anggaran Rp 2 miliar saat itu tidak terserap,” katanya.

    Ia mengatakan DPRD juga mendorong pembangunan TPA di Temanggung Utara segera direalisasikan. Diharapkan dengan menggunakan lahan tersebut pemerintah daerah dapat segera melaksanakannya karena tidak perlu adanya pembebasan lahan.

    https://repjogja.republika.co.id/berita/qxvi0s327/pemkab-temanggung-siapkan-lahan-baru-tpa-sampah