Pemkot Surabaya Siapkan Strategi Turunkan Tingkat PPKM

    REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA — Kabag Humas Pemkot Surabaya Febriadhitya Prajatara mengatakan, Pemkot Surabaya telah menyiapkan strategi khusus agar PPKM yang saat ini berada di level 3 bisa segera turun ke kelurahan level 2. skala.

    Kemudian, setelah skala desa berhasil, akan diperbesar dengan menerapkannya pada skala kecamatan. Sebelumnya, Pemprov DKI telah merinci dan memetakan wilayah RT/RW.

    “Makanya kita buat skala kota untuk skala desa. Dari pemetaan detail ini, Satgas kelurahan dan kecamatan akan lebih mengintensifkan pola pencegahan. Sehingga di hulu bisa dicegah penyebaran dan rantainya ( Covid-19) bisa dipatahkan,” kata Febri, Rabu (25/8).

    Febri menjelaskan, proses penilaian dilakukan berdasarkan kecepatan transmisi dan kapasitas respon. Salah satu poin dari tingkat penularan adalah jumlah kasus terkonfirmasi aktif per 100 ribu penduduk per minggu.

    “Jadi kalau jumlah kasus konfirmasi aktif per 100 ribu penduduk di atas 150, maka berada di level 4. Kemudian, jika jumlah kasus 50-150, naik ke level 3. 2. Selanjutnya, jika Jumlah kasus di bawah 20, itu akan masuk level 1, ”katanya.

    Febri mengungkapkan, berdasarkan hasil pemetaan yang dilakukan hingga (23/8), terdapat 21 kelurahan yang masuk dalam kategori level 4. di bawah.

    “Nah, di posisi sekarang ini cukup banyak, tidak sedikit yang berada di level 1 dan 2 serta level 3. Kami berusaha mempertahankan ini,” ujarnya.

    Febri mengatakan, dalam upaya menurunkan PPKM level 3 menjadi level 2, Pemkot Surabaya membutuhkan dukungan dari berbagai elemen masyarakat. Menurutnya, kebersamaan warga Surabaya, pengusaha, TNI-Polri, dan Pemkot bisa membantu upaya Pemkot masuk PPKM tingkat 2.

    “Di hilir kita sudah siapkan RS Lapangan, Rumah Sehat, dan vaksinasi. Di sisi hulu kita harus menjalankan prosedur kesehatan, prokes disiplin, itu kunci utama memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” ujarnya. dikatakan.

    https://repjogja.republika.co.id/berita/qydkim327/pemkot-surabaya-siapkan-strategi-turunkan-level-ppkm