Pemrograman Xtreme Menjadi Pilihan Pengembangan Aplikasi

    Aplikasi menjadi lebih efisien, terstruktur dan langkah-langkahnya mudah dipahami.

    REPUBLIKA.CO.ID, By Arief Rusman dan Krishna Ramanda

    Kemajuan teknologi informasi khususnya di bidang komputer sangat erat kaitannya dalam menunjang aktivitas manusia untuk mempermudah pemecahan masalah. Penggunaan komputer dan sistem informasi khususnya sekarang banyak digunakan di segala bidang seperti pendidikan, keuangan dan sebagainya.

    Dalam dunia teknologi khususnya teknologi informasi, cukup banyak pilihan metode pengembangan aplikasi yang dapat digunakan oleh para pengembang dan analis sistem seperti Waterfall, Prototype dan Xtreme Programming.

    Xtreme Programming (XP) adalah metode pengembangan sistem yang banyak digunakan oleh programmer dan analis sistem. Metode ini berfokus pada empat tahap utama dalam proses pengembangan aplikasi, yang pertama adalah tahap perencanaan, yang menggambarkan keluaran, fitur dan fungsi dari aplikasi yang akan dibuat.

    Tahap kedua adalah tahap desain yang dimulai dengan menggambarkan bentuk aplikasi sesuai dengan rencana sebelumnya. Setelah perancangan selesai dilanjutkan dengan tahap coding yaitu mulai membangun aplikasi sesuai dengan rencana dan desain yang telah dibuat.

    Dan diakhiri dengan tahap testing dimana dilakukan pengujian terhadap aplikasi yang dibangun apakah sudah sesuai dengan yang direncanakan.

    Metode pengembangan aplikasi ini telah digunakan dalam penelitian yang telah dipublikasikan di jurnal IKRA-ITH: Informatika tahun 2018 dalam program bimbingan belajar. Dalam penelitian ini, kami membahas tentang pengembangan aplikasi sederhana dalam proses pembayaran cicilan untuk bimbingan belajar di bimbel.

    Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan terhadap pengembangan sistem informasi pembayaran angsuran menggunakan model Xtreme Programming dapat membantu dalam pengembangan aplikasi atau sistem informasi.

    Aplikasi yang dikembangkan dengan model Xtreme Programming lebih efisien, terstruktur dan tahapannya mudah dipahami, juga tentunya sesuai dengan kebutuhan proses bisnis yang ada.

    *) Arief Rusman dosen Program Studi Sistem Informasi Universitas Nusa Mandiri (UNM) dan Kresna Ramanda dosen Program Studi Informatika UNM.



    https://www.republika.co.id/berita/qy9n68374/xtreme-programming-jadi-pilihan-pengembangan-aplikasi