Penanganan Kumuh di Solo Jadi Percontohan

    REPUBLIKA.CO.ID, SOLO — Pemerintah pusat akan menjadikan penanganan kawasan kumuh di Solo sebagai percontohan bagi daerah lain di Indonesia.

    “Saya melihat model penanganan kumuh perkotaan. Di Solo sudah ada cara penanganan kumuh perkotaan, sehingga bisa kita jadikan model untuk direplikasi di tempat lain,” kata Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) RI Muhadjir Effendy di sela-sela kunjungannya di Solo.

    Ia mengatakan, hal itu sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo, yakni fokus pada masyarakat miskin ekstrem. “Untuk perkotaan, kecenderungannya di daerah kantong-kantong kemiskinan. Solusinya tidak bisa hanya bantuan sosial tetapi pendekatan lingkungan. Untuk itu, di daerah-daerah yang sangat miskin, pendekatan lingkungan diambil,” katanya.

    Dikatakannya, yang harus diperhatikan adalah penyediaan rumah layak huni, sanitasi, air bersih, dan penanganan terpadu. “Solo punya model (penanganan kawasan kumuh),” ujarnya.

    Sementara itu, Program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU) milik Pemerintah Kota Surakarta dilaksanakan di RW 23, Kelurahan Mojo, Kecamatan Pasar Kliwon, Solo. Menurutnya, kebijakan Pemkot Surakarta dalam menangani kawasan kumuh menggunakan konsep relokasi dan pembuatan jalur hijau.

    “Rumah itu akan dibangun dengan baik dan ditargetkan selesai tahun depan. Kami akan menggunakannya sebagai model percontohan untuk penanganan kawasan kumuh lainnya. Bisa direplikasi ke tempat lain,” katanya.

    https://repjogja.republika.co.id/berita/qyv4jt330/penanganan-kawasan-kumuh-di-solo-jadi-percontohan