Pencarian Hari Kesepuluh, Tim SAR Temukan 1 Jenazah dan Jenazah Korban Erupsi Semeru

    Reporter Tribunnews Taufik Ismail

    TRIBUNNEWS.COM COM, JAKARTA – Tim SAR kembali menemukan korban bencana awan panas Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur dalam pencarian yang dilakukan pada Senin (13/12/2021).

    Satu jenazah perempuan ditemukan oleh SAR Unit (SRU) 3 di Desa Renteng sekitar pukul 09.19 WIB dan satu jenazah lagi ditemukan oleh SRU 2 di areal penambangan pasir H Satuhan sekitar pukul 09.32 WIB.

    Kedua temuan tersebut kemudian dievakuasi ke RS dr Haryoto untuk keperluan identifikasi.

    Update korban pada hari ke-10 tercatat 82 korban luka ringan, 20 luka berat, 46 korban meninggal dunia, 7 jenazah masih tersisa dan 9 korban belum teridentifikasi.

    Sedangkan korban dalam pencarian sebanyak 23 orang.

    Baca juga: Tersesat 10 Hari, Tim SAR Temukan Jenazah ODGJ Tertimbun Debu Semeru Sedalam 4 Meter

    Kepala Kantor SAR Surabaya Hari Adi Purnomo mengatakan, operasi SAR kembali diperpanjang hingga 3 hari ke depan.

    “Berdasarkan evaluasi bersama semua pemangku kepentingan, operasi pencarian dan penyelamatan kami akan diperpanjang selama 3 hari ke depan dengan orientasi pencarian korban yang belum ditemukan hingga hari ini,” katanya, dikutip dari siaran pers Basarnas.

    Terkait bidang pencarian, Kepala Operasi Kantor SAR Surabaya, I Wayan Suyatna mengatakan, sebagaimana diungkapkan On Scene Commander (OSC) operasi SAR dilakukan dengan membagi seluruh personel yang terlibat menjadi 3 SRU.

    Fokus pencarian masih sama seperti hari sebelumnya, yakni di Dusun Curah Kobokan, area penambangan pasir Haji Satuhan, serta Dusun Kebondeli dan Kampung Renteng.



    https://www.tribunnews.com/nasional/2021/12/13/hari-kesepuluh-pencarian-tim-sar-temukan-1-jenazah-dan-human-body-remains-korban-erupsi-semeru