Pengadaan PLTS Efisien, Harga Listrik Bisa Kompetitif

    Indonesia perlu belajar dari keberhasilan sejumlah negara terkait lelang PLTS.

    REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Pembangunan PLTS skala besar menjadi pilihan banyak negara di dunia untuk memenuhi target penurunan emisi sesuai Paris Agreement. Untuk memenuhi target penurunan emisi dengan menggunakan energi matahari dan harga jual listrik PLTS yang jauh lebih murah, diperlukan pengadaan PLTS skala besar yang memiliki target yang jelas, proses yang transparan dan didukung oleh kebijakan yang mendukung kelayakan finansial proyek.

    Direktur Eksekutif IESR, Fabby Tumiwa menjelaskan, selama ini lelang PLTS di Indonesia masih untuk kapasitas kecil, terpencar, langka, dan biasanya dilakukan secara lelang putus sekolah/perorangan, sehingga memberikan sinyal buruk bagi investor atau lembaga keuangan untuk menyediakan fasilitas tersebut. modal yang dibutuhkan untuk proyek. NS.

    “Tidak hanya itu, kebijakan dan regulasi pendukung di Indonesia untuk pembangunan pembangkit listrik tenaga surya skala besar, terutama dalam proses lelang, masih kurang menarik bahkan menghambat perkembangan instalasi tenaga surya,” kata Fabby, Kamis (19/8). ).

    Menurut dia, pemerintah Indonesia perlu belajar dari keberhasilan sejumlah negara yang menerapkan prosedur lelang pembangkit listrik tenaga surya skala besar, antara lain India, Brazil, dan Uni Emirat Arab (UEA). Ketiga negara ini mampu mencatatkan beberapa rekor harga yang ditawarkan bidder.

    “Kesamaan ketiga negara tersebut adalah adanya target yang terintegrasi dalam perencanaan sistem kelistrikan dan lelang terjadwal,” kata Fabby.

    Komitmen kuat ketiga negara dalam mendukung pengembangan PLTS ditunjukkan dengan membentuk lembaga baru atau meningkatkan kapasitas lembaga yang sudah ada yang bertugas melaksanakan seluruh proses pengadaan. Pemerintah ketiga negara juga berperan penting dalam mengurangi risiko proyek dan biaya transaksi untuk mendorong penawaran menjadi lebih kompetitif.

    “Dari sisi regulasi pendukung juga memuat persyaratan seperti memasukkan kearifan lokal sehingga selain mendorong pengembangan tenaga surya skala besar, juga melindungi industri lokal,” kata Fabby.



    https://www.republika.co.id/berita/qy37jp383/pengadaan-plts-efisien-harga-listrik-bisa-kompetitif