Penjemputan cabai ke Magelang, Kementerian Pertanian mengirimkan truk berpendingin

Pengerahan truk merupakan bentuk bantuan pemerintah untuk menekan biaya pengiriman

REPUBLIKA.CO.ID, MAGELANG – Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Direktorat Jenderal Hortikultura menurunkan truk logistik ke Magelang, Jawa Tengah. Upaya ini dilakukan untuk membantu pendistribusian cabai ke Jabodetabek dan untuk mengurangi disparitas harga cabai yang dipengaruhi oleh mahalnya biaya transportasi dari daerah sentra cabai ke pasar, seperti yang disampaikan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) sering disampaikan dalam berbagai kesempatan untuk terus menjaga pasokan dengan tetap menjaga stabilitas harga.

“Pengerahan armada truk ini merupakan bentuk bantuan pemerintah untuk menekan biaya pengapalan. Di sisi petani, harga tidak tertekan tapi konsumen juga mendapatkan harga yang wajar, sehingga petani dan konsumen sama-sama tersenyum pada harga cabai yang wajar,” ujarnya. ujar Dirjen Hortikultura Prihasto Setyanto seperti dalam siaran persnya, Rabu (7/4).

Dirjen Hortikultura juga menegaskan bahwa semua kegiatan tersebut dapat terlaksana dengan baik berkat dukungan dari para petani cabai Magelang. “Kegiatan ini bekerjasama dengan para juara cabai di Magelang. Mereka sangat mendukung pengendalian harga cabai ini. Saya yakin harga akan tetap stabil menjelang Hari Raya Keagamaan Nasional,” lanjut Prihasto.




Source