Pentingnya BLK Masyarakat di PMI untuk Bermitra dengan P3MI, Kementerian Ketenagakerjaan: Tidak boleh lajang

Laporan Jurnalis Tribunnews, Larasati Dyah Utami

TRIBUNNEWS.COM, CIREBON – Kementerian Ketenagakerjaan mendorong calon pengurus Balai Latihan Kerja Masyarakat Pekerja Migran Indonesia (BLK) untuk menjalin kerja sama dengan mitranya sejak awal, yakni Perusahaan Penempatan Pekerja Migran Indonesia (P3MI).

Dengan menggandeng P3MI merupakan kunci keberlangsungan BLK Masyarakat di sektor PMI, sehingga tidak berjalan sendiri-sendiri.

Staf Khusus Menteri Ketenagakerjaan Dita Indah Sari mengatakan kerjasama antara BLK Masyarakat dan P3MI sangat penting agar pengajar sesuai dengan standar P3MI, kurikulumnya sesuai, peralatan yang akan disediakan juga sesuai, dan proses penempatannya jelas.

“Kami ingin BLK Komunitas ini dari awal sebelum didirikan sudah bermitra, tidak tunggal. Jadi untuk keberlangsungan BLK Komunitas, kuncinya adalah kerja sama dengan mitra,” kata Dita dalam keterangannya, Senin (12/12). / 4/2021).

Pada acara Sosialisasi BLK Komunitas Sektor PMI, Dita menambahkan, saat BLK Komunitas PMI dibentuk tetapi tidak memiliki mitra, BLK Komunitas tidak memiliki standar pelatihan, bingung penempatannya, dan tidak bisa mengelola secara mandiri.

Baca juga: Jokowi Pamer Hukum Cipta Kerja di Hanover Messe

Sehingga pada akhirnya BLK Masyarakat tidak mampu menjawab keinginan pemerintah yaitu menjadi rantai usaha.

“Kami ingin BLK Komunitas menjadi bagian dari mata rantai bisnis. Jadi apakah ada anggaran dari pemerintah, BLK Komunitas tetap hidup,” kata Dita.

Pada acara sosialisasi ini, Kementerian Ketenagakerjaan tidak hanya mengundang calon pengurus BLK Masyarakat di bidang PMI, tetapi juga mengundang perwakilan Disnaker Cirebon, Indramayu, Subang, dan Cianjur.

Tujuannya agar terjalin kerjasama, sehingga dalam sosialisasinya Kementerian Tenaga Kerja mempertemukan calon pengelola BLK Masyarakat dengan P3MI.

Menurutnya, jika kedua pihak bertemu sejak awal, keberlangsungan BLK Komunitas akan lebih diharapkan karena kepentingan P3MI sudah diketahui dan bisa mulai disesuaikan.

“Jadi untuk menjamin keberlangsungan BLK Masyarakat, memastikan BLK Masyarakat bisa mandiri secara finansial, dan memastikan standar tidak rendah, kita harus membangun komunikasi dan kerja sama mulai dari sekarang,” ujarnya.




Source