Penyaluran KUR Bank Mandiri mencapai Rp 13,1 triliun

    KUR bank mandiri didominasi oleh sektor pertanian sebesar Rp 3,5 triliun

    REPUBLIKA.CO.ID, REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – PT Bank Mandiri (Persero) Tbk mencatat penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) sebesar Rp 13,1 triliun per April 2021. Sementara itu, aliran kredit mengalir ke 135.538 debitur. .

    “KUR sudah disalurkan ke sektor produksi sebesar Rp 7,53 triliun atau 57,5 ​​persen dari total penyaluran,” kata Sekretaris Perusahaan Bank Mandiri Rudi As Setridha dalam keterangan resmi seperti dikutip Minggu (23/5).

    Lebih lanjut Rudi menjelaskan, pihaknya akan fokus menyalurkan KUR ke sektor produksi sesuai arahan pemerintah.

    Sementara itu, penyaluran KUR untuk bank BUMN berlogo pita emas didominasi sektor pertanian dengan realisasi Rp 3,5 triliun atau 27,17% dari total penyaluran KUR perseroan.

    Selain itu, sesuai dengan kebijakan pemerintah, Bank Mandiri akan menaikkan pagu KUR tanpa jaminan dari Rp 50 juta menjadi Rp 100 juta, termasuk memberikan tambahan subsidi bunga KUR sebesar tiga persen yang semula jatuh tempo pada Juli 2021 kini telah diperpanjang hingga Desember 2021. .

    “Kami sangat mendukung kebijakan ini karena akan dapat menambah dan memperluas akses pembiayaan murah yang dapat dinikmati pelaku UMKM di tengah pandemi,” ujarnya.

    Melihat tingginya permintaan masyarakat terhadap pinjaman murah, dia mengatakan perseroan mengajukan tambahan pagu KUR dari saat ini Rp. 31 triliun. “Kami masih menunggu keputusan pemerintah terkait usulan ini,” ujarnya.




    Source