Penyidik ​​KPK Suap Segera Diadili di Pengadilan Tipikor Medan

Wali Kota Tanjungbalai M Syahrial yang tidak aktif akan diadili di Pengadilan Negeri Tipikor Medan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Jaksa Penuntut Umum (JPU) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyerahkan berkas perkara Wali Kota Tanjungbalai Nonaktif, M. Syahrial ke Pengadilan Tipikor Medan. Dalam waktu dekat, Syahrial akan segera dijerat kasus dugaan suap penanganan kasus dugaan korupsi di Pemkot Tanjungbalai.

“Hari ini, Rabu (30/6) JPU KPK Agus Prasetya Rahardja telah menyerahkan berkas perkara Terdakwa M. Syahrial (Walikota Tanjung Balai) ke Pengadilan Tipikor di Pengadilan Negeri Medan,” kata Pj Juru Bicara KPK, Ipi Maryati di keterangannya, Rabu (30/30). 6).

Dengan pendelegasian tersebut, penahanan Syahrial menjadi kewenangan Pengadilan Tipikor Medan dan untuk sementara tempat penahanan Terdakwa masih dipercayakan kepada Rutan Kavling C1 KPK. Selanjutnya, JPU menunggu penetapan Pengadilan Tipikor Medan terkait jadwal sidang perdana Syahrial karena diduga menyuap mantan penyidik ​​KPK, Stepanus Robin Pattuju.

“Selanjutnya kita menunggu penetapan Majelis Hakim dan penetapan hari sidang dengan agenda pertama yaitu pembacaan dakwaan oleh Tim Jaksa Penuntut Umum,” ujarnya.

Ipi menjelaskan alasan JPU memilih Pengadilan Tipikor Medan untuk menggelar sidang Syahrial karena proses suap kepada Stepanus mulai dari persiapan hingga pemberian suap melalui transfer antar rekening dilakukan oleh Syahrial di Tanjungbalai, Sumatera Utara.

“Jaksa Penuntut Umum tentu mempunyai pertimbangan tertentu untuk melimpahkan berkas perkara ke pengadilan korupsi tertentu. Dalam hal ini, beberapa pertimbangan jaksa didasarkan pada kejadian bahwa proses penyiapan dan pemberian uang, termasuk melalui transfer bank, telah dilakukan. dilakukan oleh tersangka di Kota Tanjung Balai,” jelas Ipi.



https://www.republika.co.id/berita/qvj0kj354/penyuap-penyidik-kpk-segera-diadili-di-pn-tipikor-medan