Perbaiki bagian kaki-kaki, performa motor listrik besutan UBL ini meningkat drastis

Laporan Jurnalis Tribunnews.com, Lita Febriani

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Universitas Budi Luhur kembali menyempurnakan performa motor listriknya, BL-SEV01.

Motor listrik ini sebelumnya pernah dijajal di Sirkuit Internasional Sentul Bogor pada 11 Januari 2021, namun performanya belum maksimal.

Kepala Pusat Kajian Kendaraan Bermotor Elektrik Universitas Budi Luhur Sujono mengaku pihaknya masih belum puas di sejumlah sektor setelah menjalani test ride pertama dan terus melakukan pembenahan dalam beberapa bulan terakhir.

Sejumlah bagian yang menjadi perhatian dalam pengembangan ini antara lain bagian kaki-kaki seperti persneling, suspensi, ban, dan lengan ayun. Tes pertama BL-SEVO1 mengalami kendala di bagian kaki-kaki karena kurang mumpuni untuk menopang listrik yang cukup besar. tenaga motor, “kata Sujono, Selasa (20/4/2021).

Setelah diujicobakan, BL-SEV01 langsung dikembalikan ke Laboratorium Fakultas Teknik Elektro Universitas Budi Luhur untuk disempurnakan selama lebih dari dua bulan terutama di sektor kaki-kaki.

Baca juga: Soal Penyesuaian Tarif Listrik, PLN Menunggu Keputusan Pemerintah

Test ride kedua kembali digelar pada 13 April 2021 di tempat yang sama dan pebalap yang sama yaitu M Galih Aji Prakoso yang juga merupakan alumni Universitas Budi Luhur.

Baca juga: Bledhex, Pamer Mobil Listrik Offroad Buatan Lokal di IIMS Hybrid 2021

Galih melakukan uji coba dengan memaksimalkan BL-SEV01 sebanyak 10 putaran dan diklaim performanya jauh lebih baik jika dibandingkan dengan test ride pertama di awal tahun 2021.

“Saya lebih percaya diri karena motor elektrik BL-SEVO1 lebih mumpuni di test ride kedua ini. Handling BL-SEV01 meningkat drastis dan stabil, apalagi kemampuan melewati tikungan lebih mantap untuk menurunkannya. Ini pertama kalinya saya mencoba motor sport elektrik di trek balap, ”kata Galih.

Setelah melewati 10 lap, motor langsung menuju pit stop untuk mengecek kondisi dan performa aki.




Source