Percepat Vaksinasi, Kang Emil: Puskesmas Kunjungi Warga

    Di Indramayu, vaksinasi dapat direalisasikan sedikitnya 20 ribu orang per hari.

    REPUBLIKA.CO.ID, INDRAMAYU — Pemerintah Provinsi Jawa Barat terus mempercepat percepatan vaksinasi Covid-19 untuk mencapai target 37 juta warga Jabar yang divaksinasi hingga akhir tahun ini. Selain berkolaborasi dengan perusahaan, pola vaksinasi juga diminta diubah.

    Demikian disampaikan Gubernur Jabar Ridwan Kamil saat meninjau pelaksanaan program ‘Menuju Vaksinasi 37 Juta Penduduk Jabar’, di Kompleks Bumi Patra Indramayu yang merupakan Pusat Vaksinasi Pertamina RU VI Balongan, Jumat (10/9).

    Pria yang akrab disapa Kang Emil ini mengatakan, selama ini warga yang ingin divaksinasi harus ke puskesmas. Ke depan, dia meminta pola itu diubah sebaliknya. ”Polanya berubah, bukan warga yang datang ke puskesmas, tapi puskesmas yang melakukan perjalanan ke desa-desa. Itu dari perhitungan akan sangat mempercepat keberhasilan vaksinasi,” kata Kang Emil.

    Khusus untuk Kabupaten Indramayu, Kang Emil meminta setidaknya 20 ribu orang divaksinasi per hari. Jika target itu berhasil, Kabupaten Indramayu akan menjadi kabupaten tercepat dalam vaksinasi.

    Kang Emil menilai sejauh ini Kabupaten Indramayu berhasil menekan angka Covid-19 sehingga saat ini bisa masuk PPKM Level 2. Ia berharap Kabupaten Indramayu bisa menjadi daerah pertama di Jawa Barat yang masuk PPKM level 1.

    Sementara itu, selain mengubah pola pelaksanaan vaksinasi, Kang Emil juga berharap percepatan vaksinasi diperkuat dengan kerjasama dengan perusahaan. Ia juga mengapresiasi dukungan yang diberikan Pertamina RU VI Balongan yang menyediakan pusat vaksinasi untuk masyarakat umum.

    Kang Emil mengatakan, kemampuan infrastruktur di puskesmas dan rumah sakit untuk melakukan vaksinasi Covid-19 hanya 60-70%. Oleh karena itu, kekurangan tersebut harus didukung oleh pusat vaksinasi. “Nah, pusat vaksinasi itu harus seperti Pertamina,” kata Kang Emil.

    Upaya pengendalian Covid-19 di Indonesia, termasuk Jawa Barat, saat ini semakin membaik. Ia mengatakan, tingkat hunian tempat tidur (BOR)/bed occupancy rate di rumah sakit pasien Covid-19 di Jabar saat ini baru 11 persen. Dan kabupaten dengan BOR terendah adalah Kabupaten Indramayu, hanya dua persen. kata Kang Emil.



    https://www.republika.co.id/berita/qz7k7o380/percepat-vaksinasi-kang-emil-puskesmas-datangi-warga