Perdana Menteri Kamboja akan menghadiri KTT ASEAN di Jakarta pada 24 April

Laporan Jurnalis Tribunnews.com, Srihandriatmo Malau

TRIBUNNEWS.COM, PHNOM PENH – Perdana Menteri Kamboja Samdech Techo Hun Sen mengatakan akan mengikuti pertemuan para pemimpin ASEAN di Jakarta, Indonesia pada Sabtu (24/4/2021).

“Karena langkah-langkah kesehatan yang berlaku di Indonesia, tuan rumah KTT ASEAN, saya memutuskan untuk berangkat ke Jakarta pada 23 April pukul 13.00 (waktu setempat),” tulisnya di halaman Facebook resminya, seperti dilansir Xinhua dan The Star , Kamis (22/4/2021).

Dia mengatakan akan mengambil sampelnya untuk pengujian Covid-19 pada hari Kamis di Kamboja.

Sesampai di Jakarta pada Jumat (23/4/2021), ia akan mengikuti tes kedua yang dilakukan oleh otoritas kesehatan Indonesia.

Baca juga: Kakorlantas Minta Stafnya Berikan Pelayanan Terbaik Dalam Menjaga KTT ASEAN

“Untuk memastikan keselamatan, semua pimpinan, termasuk Presiden Indonesia, wajib menjalani pengujian sebelum rapat,” ujarnya.

Perdana menteri Kamboja mengatakan bahwa sekembalinya dia akan menjalani 14 hari karantina mandiri di kediamannya dan mengambil antara dua dan tiga tes Covid-19 lagi.

Kementerian luar negeri Kamboja mengeluarkan pernyataan pada hari Rabu, mengkonfirmasikan kehadiran Hun Sen pada KTT di Jakarta.

Pernyataan tersebut mengatakan pada pertemuan tersebut, para pemimpin ASEAN diharapkan fokus pada tiga topik utama, yaitu kemajuan proses pengembangan masyarakat ASEAN, inisiatif terkait penanggulangan Covid-19 dan upaya pemulihan sosial ekonomi, hubungan eksternal ASEAN, perkembangan internasional dan regional. kepentingan dan perhatian bersama.

Baca juga: Memperkuat Hubungan Lintas Negara, Konsorsium Blockchain ASEAN Dibentuk

Anggota ASEAN adalah Brunei, Kamboja, Indonesia, Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand dan Vietnam.




Source