Perencanaan Pembangunan Kota Sukabumi Terbaik Kedua di Jawa Barat

    Penghargaan tersebut sejalan dengan tema musrenbang yaitu inovasi dan kolaborasi

    REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI – Kota Sukabumi berhasil meraih Juara II dalam Penghargaan Perencanaan Pembangunan Daerah (PPD) 2021 dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Penghargaan ini diberikan pada saat Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Provinsi Jawa Barat 2021 untuk penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) 2022 di Bandung, Senin (12/4).

    Penghargaan tersebut sejalan dengan tema musrenbang yaitu inovasi dan kolaborasi menuju kemerdekaan Jawa Barat. Dimana Kota Sukabumi berhasil meraih Juara 2 Dokumen Tata Kota Terbaik dengan Inovasi Udunan Online dan penyerahan penghargaan dilakukan oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil kepada Walikota Sukabumi, Achmad Fahmi, di Trans Luxury Hotel Bandung.

    “Alhamdulillah, Pemkot Sukabumi meraih juara II PPD Jabar yang menunjukkan perencanaan terbaik didukung inovasi pelayanan publik,” kata Walikota Sukabumi Achmad Fahmi, Senin. Dimana proses perencanaan pembangunan di Kota Sukabumi dilandasi semangat kerjasama dan sinergi dengan seluruh elemen masyarakat guna memperoleh hasil yang maksimal.

    Penghargaan ini, kata Fahmi, menunjukkan semakin tingginya kualitas dokumen perencanaan pembangunan di Kota Sukabumi. Selain itu, sebagai apresiasi atas inovasi program Udunan Online.

    Fahmi menuturkan, program dalam udunan online ini melibatkan elemen masyarakat untuk terlibat aktif dalam membantu warga yang membutuhkan bantuan. Intinya, pengembangan ini tentunya dilakukan bersama-sama dengan melibatkan berbagai pihak.

    Penghargaan ini akan semakin memperkuat semangat pemerintah kota dan semua pihak untuk berkolaborasi dalam pembangunan, kata Fahmi. Selain itu, terus meningkatkan kualitas perencanaan pembangunan baik dalam dokumen perencanaan maupun hasil program dan kegiatan.

    Sekretaris Daerah Provinsi Jabar Setiawan Wangsaatmaja mengatakan, ada tiga kota dan tiga kabupaten di Jabar yang dinilai terbaik dalam PPD. Dimana salah satunya untuk tingkat kota adalah Kota Sukabumi yang berhasil meraih juara II.

    “Daerah sudah meningkatkan kualitas penyusunan dokumen perencanaan pembangunan,” kata Setiawan. Penghargaan diberikan dengan mengevaluasi penyusunan dokumen RKPD dan pencapaian target pembangunan.

    Harapannya, penilaian ini, kata Setiawan, dapat memotivasi dan memacu setiap daerah untuk mempersiapkan dokumen perencanaan yang lebih baik. Selain itu, perencanaan pembangunan dapat dilakukan secara konsisten, komprehensif, terukur dan dapat dilaksanakan.




    Source