Peringatan Dini BMKG Jumat 9 April 2021: Cuaca Ekstrem Berpotensi Terjadi di 25 Wilayah Ini

    TRIBUNNEWS.COM – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem yang diperkirakan terjadi besok, Jumat (9/4/2021).

    Dilaporkan web.meteo.bmkg.go.id, Siklon Tropis SEROJA dan Benih Siklon Tropis 90S teramati di Samudera Hindia selatan Jawa, membentuk Jet Level Rendah yang membentang melintasi Samudra Hindia selatan Jawa.

    Kondisi ini menyebabkan potensi tumbuhnya awan hujan di sekitar sistem siklon tropis SEROJA dan bibit siklon meningkat.

    Siklon tropis SEROJA dan 90S juga meningkatkan kecepatan angin (> 25 kts) dan ketinggian gelombang (> 2,5 meter) di sepanjang Low Level Jet.

    Baca juga: Info BMKG: Cuaca Ekstrem Besok Jumat 9 April 2021 Hujan dan Angin Kuat Melanda 25 Wilayah Ini

    Baca juga: Apa perbedaan Siklon Seroja dengan Siklon Sebelumnya yang melanda Indonesia? Ini kata BMKG

    Selain itu, terlihat adanya sirkulasi siklon di Kalimantan Utara yang membentuk konvergensi yang membentang dari Kalimantan Barat hingga Kalimantan Utara.

    Daerah pertemuan dan perlambatan (konvergensi) kecepatan angin lainnya teramati mulai dari Aceh hingga Sumatera Barat, Bengkulu, dari Jawa Barat hingga Jawa Tengah, dari Kalimantan Barat hingga Kalimantan Selatan, dari Sulawesi Selatan hingga Sulawesi Tengah hingga ke Timur, Maluku dan dari Barat. Papua ke Papua.

    Kondisi ini menyebabkan potensi tumbuhnya awan hujan di sekitar sirkulasi dan di sepanjang daerah konvergensi meningkat.

    Berikut beberapa daerah yang diprediksi berpotensi hujan dan hujan lebat yang bisa disertai petir / kilat hingga angin kencang besok Jumat 9 April 2021 hingga Sabtu 10 April 2021.

    Jumat, 9 April 2021

    Wilayah dengan potensi hujan lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang:




    Source