Peringatan Dini BMKG Kamis 15 April 2021: Waspada di 18 Wilayah Hujan Lebat Terhadap Angin Kuat Ini

    TRIBUNNEWS.COM – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem yang diperkirakan terjadi besok, Kamis (15/4/2021).

    Dilaporkan web.meteo.bmkg.go.id, Siklon Tropis “Surigae” teramati di Samudera Pasifik Barat sebelah utara Papua yang bergerak ke arah barat laut dengan kecepatan angin maksimum 40 kt dan tekanan minimum 1000 mb.

    Sistem ini secara tidak langsung membentuk daerah pertemuan yang memanjang dari Sulawesi bagian utara sampai Maluku Utara dan Papua Barat bagian utara dan membentuk daerah konvergensi yang memanjang dari Kalimantan bagian utara sampai Kalimantan Utara.

    Selain itu, terlihat adanya sirkulasi siklon di perairan Lampung Barat.

    Daerah pertemuan dan perlambatan (konvergensi) kecepatan angin lainnya terpantau mulai dari Kalimantan Barat hingga Kalimantan Tengah, dari Sulawesi Selatan bagian utara hingga Sulawesi Tengah.

    Kondisi ini menyebabkan peningkatan pertumbuhan awan hujan di sekitar sistem perbenihan siklon tropis dan di sepanjang daerah pertemuan dan konvergensi serta peningkatan kecepatan angin (> 25 kts) dan tinggi gelombang (> 2,5 meter) di sekitar persemaian siklon tropis.

    Baca juga: INFO Peringatan Dini BMKG Kamis, 15 April 2021: 8 Wilayah Hujan Petir dan Angin Kuat

    Baca juga: Waspada Badai Tropis Surigae di Sulut, BMKG: Akan Berkembang Menjadi Badai Tropis Yang Kuat

    Berikut beberapa daerah yang diprediksi berpotensi hujan dan hujan lebat yang bisa disertai petir / kilat hingga angin kencang besok Kamis, 15 April 2021 hingga Jumat, 16 April 2021.

    Kamis, 15 April 2021

    Wilayah dengan potensi hujan lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang:

    – Aceh




    Source