Peringatan Dini BMKG Selasa, 07:29 September Wilayah Ini Berpotensi Terjadi Cuaca Ekstrim

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah menyampaikan informasi peringatan dini cuaca ekstrem di beberapa wilayah Indonesia untuk besok, Selasa, 7 September 2021.

    Ada beberapa daerah yang mendapat peringatan dini cuaca ekstrem dari BMKG.

    Melalui situs resminya, BMKG memprediksi 29 wilayah berpotensi cuaca ekstrem, hujan lebat disertai kilat atau kilat dan angin kencang.

    Bibit siklon tropis 94W dan 95W diamati di Samudra Pasifik timur Filipina.

    Baca juga: Peringatan Dini BMKG Wilayah Sulawesi Barat, 6-8 September 2021: Angin Kencang Majene dan Polewali Mandar

    Baca juga: Peringatan Dini BMKG Senin, 06 September: Ini Daftar Daerah Berpotensi Cuaca Ekstrem

    Benih siklon tropis ini membentuk daerah pertemuan atau perlambatan kecepatan angin (konvergensi) yang memanjang dari Laut Sulu hingga Samudera Pasifik timur Filipina, di perairan timur Filipina, dan di Samudera Pasifik utara Papua.

    Selain itu, sirkulasi siklon diamati di Laut Cina Selatan timur Vietnam yang membentuk daerah konvergensi membentang dari Kamboja ke Laut Cina Selatan timur Vietnam.

    Daerah konvergensi ini juga terpantau memanjang dari perairan sebelah barat Lampung sampai Samudera Hindia sebelah barat Bengkulu, dari sebelah barat Laut Jawa sampai Kep. Bangka Belitung, dari Kalimantan Timur bagian selatan hingga Kalimantan bagian utara.

    Dari Laut Maluku hingga perairan utara Sulawesi Utara, dari Laut Banda bagian utara hingga Laut Seram dan dari Papua hingga perairan utara Papua Barat, konvergensi longitudinal juga telah diamati.

    Kondisi ini mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar daerah pemijahan siklon tropis, sirkulasi siklon di sepanjang daerah konvergensi.

    Wilayah yang berpotensi hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang:



    https://www.tribunnews.com/nasional/2021/09/06/peringatan-dini-bmkg-selasa-7-september-29-wilayah-ini-berpotensi-terjadi-cuaca-ekstrem