Peringatan Dini BMKG Selasa 13 April 2021: DKI Jakarta berpotensi hujan hingga angin kencang

TRIBUNNEWS.COM – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem yang diperkirakan terjadi besok, Selasa (13/4/2021).

Dilaporkan web.meteo.bmkg.go.id, Bibit Siklon Tropis 94W (masih di luar Wilayah Pemantauan TCWC Jakarta) diamati di Samudra Pasifik Utara Papua.

Topan ini bergerak ke arah barat laut menjauhi wilayah Indonesia dengan kecepatan angin maksimum 20 kt dan tekanan minimum 1007 mb.

Sistem ini secara tidak langsung membentuk daerah pertemuan yang terbentang dari Maluku bagian barat hingga Papua bagian utara.

Sirkulasi siklon diamati di perairan Aceh Barat yang merupakan daerah konvergensi yang memanjang dari Aceh bagian selatan sampai ke utara.

Kondisi ini sekaligus membentuk daerah pertemuan dari Kalimantan Barat hingga Aceh Barat.

Baca juga: Info BMKG: Cuaca Besok Selasa 13 April 2021 Hujan dan Angin Kuat Melanda 29 Wilayah Ini

Baca juga: Tentukan Awal Bulan Ramadhan, BMKG Tentukan 34 Lokasi Pantauan Hilal

Sirkulasi siklon lainnya diamati di Samudra Hindia barat daya Bengkulu.

Daerah konvergensi dan perlambatan kecepatan angin (konvergensi) lainnya diamati mulai dari perairan barat Sumatera Barat hingga Jambi tengah, dari Kalimantan Tengah bagian utara hingga pantai timur Kalimantan Utara.

Juga dari selatan Sulawesi Selatan sampai Sulawesi Tengah dan dari barat Papua sampai Papua Nugini bagian barat.

Kondisi ini dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar sistem perbenihan siklon tropis di sekitar daerah sirkulasi dan di sepanjang daerah konvergensi dan pertemuan.




Source