Perombakan Kabinet Jokowi Akan Diumumkan Sebelum Lebaran

    Ngabalin enggan menebak-nebak sosok menteri baru itu.

    Isu perombakan kabinet Joko Widodo semakin menguat. Reshuffle kemungkinan besar dilakukan setelah ada persetujuan penggabungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dengan Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek).

    Juga pembentukan kementerian baru yaitu Kementerian Penanaman Modal.

    Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR) menyetujui pembentukan Kementerian Penanaman Modal dan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Ristek, dan Teknologi, dalam rapat paripurna di Jakarta, Jumat (9/4).

    Pejabat Kantor Staf Presiden (KSP) Ali Mochtar Ngabalin memprediksi Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan mengumumkan perombakan kabinet sebelum Lebaran tahun ini. Ngabalin sebelumnya mengatakan reshuffle kabinet sudah dilakukan dalam seminggu terakhir, namun hal itu tidak terjadi.

    Ngabalin membantah anggapan Presiden Jokowi menunggu waktu tertentu untuk mengumumkan hasil perombakan kabinet.

    Ngabalin menjelaskan mengapa prediksinya ternyata salah tentang pengumuman reshuffle pekan lalu. Ngabalin beralasan membuat prediksi tersebut dengan mempertimbangkan karakter Presiden Jokowi yang biasanya cepat mengambil keputusan.

    Ngabalin enggan menebak-nebak sosok menteri baru itu. Dia juga belum mau berkomentar apakah reshuffle akan menyentuh menteri saat ini atau tidak.

    Sejumlah nama dikabarkan telah bertemu dengan Presiden Joko Widodo terkait resafel ini. Namun, jumlah menteri yang akan didelegasikan belum bisa dipastikan.




    Source