Perpanjangan SIM di Depok dapat dilakukan melalui Aplikasi Sinar

    REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK – Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri resmi meluncurkan sistem aplikasi SIM Nasional (Sinar) Presisi di Polres Metro Depok. Layanan berbasis online atau jaringan ini dimaksudkan untuk mempermudah proses perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM).

    Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasatlantas) Polda Metro Depok Kompol Andi M. Indra mengatakan, aplikasi Sinar bisa digunakan mulai 13 April 2021. Aplikasi ini bisa diunduh melalui AppStore dan Playstore.

    “Aplikasi Sinar berfungsi untuk mengajukan SIM baru dan perpanjangan, tapi saat ini baru perpanjangan SIM A dan C,” kata Andi di Mapolda Depok, Rabu (14/4).

    Menurut Andi, dengan adanya aplikasi digital ini, pelamar tidak perlu lagi mendatangi kantor Satpas SIM atau mobile SIM car. Pelamar cukup mengisi data pribadinya, kemudian mengikuti tes teori on line, layanan pemeriksaan kesehatan melalui e-Rikkes dan pemeriksaan psikologis dalam aplikasi e-PPSi.

    “Setelah semuanya diverifikasi, pemohon memilih cara pengiriman SIM bekerja sama dengan PT POS Indonesia, mengunduh foto dan tanda tangan, pembayaran melalui transfer bank, dan SIM akan diterima pemohon tepat waktu,” ujarnya.

    Wakil Wali Kota Depok Imam Budi Hartono mengapresiasi gebrakan yang dilakukan Polri. “Saya rasa dengan adanya aplikasi ini bisa memudahkan masyarakat untuk memperpanjang SIM sendiri dan mencegah pencalonan. Apalagi saat pandemi Covid-19, pertemuan petugas dan pelamar bisa diminimalisir,” jelasnya.


    Source