Persib Lolos ke Semifinal Piala Menpora 2021

Baik Persebaya maupun Persib harus tampil dengan 10 pemain karena mendapat kartu merah.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG – Persib Bandung berhasil lolos ke babak semifinal Piala Menpora 2021 usai mengalahkan Persebaya Surabaya. Tak tanggung-tanggung skor 3-2 tercipta di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Minggu (11/4).

Persib menurunkan tiga penyerangnya, Frets Butuan, Ezra Walian, dan Wander Luiz. Sementara Persebaya mengubah skema dengan menyelamatkan pemain senior, Samsul Arif dan Rendi Saputra dari bangku cadangan, dan memilih memainkan Marselino Ferdinand.

Babak pertama diawali dengan gol Ezra yang berhasil mengeksekusi bola muntah hasil sepak pojok Febri Hariyadi. Menit pertama, Persib unggul 1-0 atas Persebaya.

Persebaya yang terkejut lebih banyak mengamankan pertahanannya. Persib yang menguasai jalannya pertandingan kembali mencoba peruntungan dengan menekan Persebaya. Alhasil, Wander Luiz menambah keunggulan Persib usai memanfaatkan umpan Frets menjadi gol. Skor berubah menjadi 2-0 untuk Persib dalam enam menit.

Aksi saling serang pun terjadi. Pada menit ke-36, sepak pojok dari Frets berhasil dieksekusi oleh Nick Kuipers. Skor berubah menjadi 3-0 untuk Maung Bandung.

Babak pertama diakhiri dengan kartu merah yang diberikan wasit kepada kiper Persebaya Satria Tama yang dianggap telah menggunakan tangannya di luar kotak penalti. Babak pertama berakhir dengan skor 3-0 atas keunggulan Persib.

Babak kedua dimulai dengan ritme cepat kedua tim. Persebaya yang bermain dengan 10 pemain itu mulai menekan garis aksi Persib.

Menit 61, tendangan bebas Alwi Slamet berhasil dieksekusi dengan sundulan Arif Satria. Persebaya memperkecil selisih gol dari Persib dengan mengubah skor menjadi 1-3.

Wasit langsung memberikan kartu merah kepada Wander Luiz karena menyerang pemain lawan saat Persebaya bersiap melakukan tendangan bebas. Kedua tim bermain dengan 10 pemain.

Persib mengubah skema dengan bertahan setelah menurunkan Jupe dan Supardi. Namun, Persebaya terus berusaha menekan pertahanan Persib.

Wasit memberi waktu tambahan selama lima menit. Persebaya kemudian memperkecil jarak dari tendangan bebas Alwi yang dieksekusi menjadi gol dari sundulan Syaifudin. Skor berubah menjadi 3-2.

Menjelang akhir pertandingan aksi saling serang belum selesai. Wasit meniup peluit akhir 3-2 untuk kemenangan Persib. Dengan hasil tersebut, Persib mampu melangkah ke babak semifinal.




Source