Pertamina Sediakan Tes Antigen dan Vitamin di SPBU

    Tes antigen dan pembagian vitamin gratis ini merupakan dukungan Pertamina kepada pemerintah.

    REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG — Mendukung upaya Pemerintah memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19, Pertamina memberikan layanan tes antigen gratis di sejumlah titik di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU), di Kota Semarang, Jawa Tengah.

    Selain kemudahan akses tes antigen, upaya Pertamina untuk membantu mencegah penyebaran pandemi global juga dilakukan dengan membagikan vitamin kepada masyarakat (konsumen) SPBU secara gratis. Unit Manager Communication, Relations and Corporate Social Responsibility (CSR) Regional Marketing (JBT) Pertamina Jawa Tengah, Brasto Galih Nugroho mengatakan, ada tiga SPBU yang memberikan layanan gratis tersebut.

    Masing-masing di SPBU Jalan Ahmad Yani pada Kamis (12/8), SPBU Pedurungan, Jumat (13/8), dan SPBU Akpol Jalan Sultan Agung pada Senin (16/8) maupun waktu,” kata Brasto.

    Menurut dia, layanan tes antigen gratis ini merupakan bentuk dukungan pemerintah dalam menekan penyebaran virus Covid-19 di masyarakat, melalui metode 3T. (Menguji, Menelusuri, dan Perawatan).

    Dia Disebutkan pula alasan memilih SPBU untuk dua layanan gratis tersebut. Pasalnya, SPBU merupakan salah satu fasilitas umum yang tetap beroperasi, meski di tengah pandemi Covid-19.

    Untuk itu, Pertamina mengajak masyarakat, khususnya konsumen SPBU, untuk segera mendeteksi jika merasa ada gejala Covid-19. Yang seperti itu pelacakan dan perlakuan dapat dilakukan sedini mungkin.

    Upaya ini diharapkan semakin mengurangi peluang penyebaran Covid-19 ke orang lain. Karena antisipasi dan penanganan akan dilakukan dengan cepat.

    Brasto juga menambahkan, dalam pelaksanaannya, Pertamina mengerahkan tenaga kesehatan di lingkungan perusahaan dan bekerjasama dengan salah satu laboratorium Covid-19 di Kota Semarang. “Berdasarkan laporan yang diterima dari petugas di lapangan, selama tiga hari dibuka layanan tes antigen dan pembagian vitamin gratis, sedikitnya 243 orang (masyarakat) mengikuti tes antigen dan menerima paket vitamin selama 3 hari tersebut,” kata Brasto.

    Sementara itu, salah satu penerima manfaat, Hari, mengaku memanfaatkan layanan gratis tersebut untuk melindungi diri dari risiko penularan Covid-19. Karena profesinya sebagai tukang ojek on line (ojol) termasuk resiko tertular yang tinggi. Setiap hari, Hari harus bekerja sebagai sopir ojek untuk bertemu banyak orang.

    “Tes antigen gratis ini bisa memberi saya rasa aman sebelum kembali ke rumah untuk bertemu keluarga saya lagi,” kata Hari.



    https://www.republika.co.id/berita/qy0ddz457/pertamina-sediakan-tes-antigen-dan-vitamin-di-spbu