Pertemuan Tahunan Forum Ekonomi Dunia Dibatalkan Karena Pandemi

    Forum Ekonomi Dunia seharusnya diadakan pada bulan Agustus di Singapura.

    REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Pertemuan khusus tahunan World Economic Forum telah dibatalkan tiga bulan sebelum waktu pelaksanaan yang direncanakan, yaitu pada bulan Agustus di Singapura. Seperti dilansir laman Channel News Asia (CNA), Selasa (18/5), WEF menyatakan pembatalan tersebut disebabkan oleh ketidakpastian global akibat pandemi Covid-19.

    WEF menyampaikan bahwa situasi krisis yang terjadi di hampir semua negara menyebabkan pertemuan tahunan antara pelaku usaha, pemerintah, dan para pemimpin masyarakat sipil global untuk bertemu. “Kondisi yang tidak diinginkan di seluruh dunia, situasi perjalanan yang tidak pasti, tingkat vaksinasi yang berbeda dan adanya varian virus baru membuat pertemuan global dalam skala yang direncanakan tidak mungkin dilakukan,” kata WEF dalam pernyataan resmi.

    Pembatalan tersebut terlepas dari dukungan penuh yang diberikan oleh Pemerintah Singapura. Rencananya pertemuan tahunan WEF berikutnya akan dilaksanakan pada semester pertama tahun 2022 dengan lokasi dan tanggal yang akan ditentukan berdasarkan studi musim panas mendatang.

    Singapura dijadwalkan menjadi tuan rumah pertemuan tahunan WEF dari 17 Agustus hingga 20 Agustus 2021, setelah rencana penerapan pada Mei ditunda karena larangan perjalanan akibat Covid-19 di seluruh dunia.

    Sementara itu, Pendiri dan Ketua Eksekutif WEF Klaus Schwab mengunjungi Singapura pada bulan Februari untuk mempersiapkan pertemuan pada bulan Agustus. Terkait pembatalan pertemuan pada 2021, Schwab mengatakan ini merupakan keputusan yang sulit karena melihat keinginan para partner untuk bertemu secara langsung.

    “Bagaimanapun, kesehatan dan keselamatan setiap orang adalah prioritas utama kami,” jelasnya.




    Source