Pertolongan Pertama Saat Kaki Terkilir

    Wartawan Tribunnews.com, Aisyah Nursyamsi

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA- Di masa pandemi Covid-19, banyak orang yang menyempatkan diri untuk berolahraga. Namun sebelum berolahraga, perlu memperhatikan pemanasan yang harus benar.

    Jika tidak, anggota badan akan rentan terhadap keseleo. Jika sudah demikian, kaki akan mengalami pembengkakan. Hal ini membuat kaki tidak nyaman untuk dibawa-bawa.

    Oleh karena itu, menurut dr Santi dari Kompas Gramedia Medical Center, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan saat terkilir.

    Pertama, saat mengalami keseleo, segera hentikan semua aktivitas dan segera istirahat. Jika Anda harus berjalan, lakukan sedikit saja.

    Baca juga: Tentang Riwayat Penyakit Koes Hendratmo, Bonita: Sebelum kena Covid, Ayahnya sakit jantung dan asma

    Kedua, berikan es dengan cara yang benar pada area tubuh yang terkilir. Jangan mengoleskan es langsung ke keseleo.

    “Masukkan ke dalam wadah, gelas plastik, kantong plastik, beri sedikit air, lalu tutup dengan kain tipis lalu oleskan pada area yang sakit selama 20 menit,” jelasnya di kanal YouTube Sonora FM, dikutip oleh Tribunnews, Selasa (7/9/2021). .

    Menerapkan es ke kaki dapat diulang selama dua hari pertama setiap tiga jam. Ketiga, upaya kompres dapat dilakukan. Tapi tidak menggunakan air panas atau dingin.

    “Kompres dengan perban kain yang elastis. Seperti perban yang dipakai saat tulang patah, warnanya coklat. Lalu bungkus saja di sekitar keseleo,” kata dr Santi lagi.

    Baca juga: 10 Manfaat Kesehatan Minyak Kelapa: Dapat Meningkatkan Kesehatan Jantung

    Namun harus diperhatikan. Cukup menempel erat dan tidak terlalu longgar. Karena jika terlalu keras dapat menekan pembuluh darah. Akibatnya, ada bagian tubuh yang tidak mendapat aliran darah. Jika dibiarkan bisa mengalami kesemutan.

    Setelah dibungkus, dapat diperiksa setelah lima menit. Jika area di sekitar keseleo berwarna kebiruan, perbannya terlalu kencang.

    Kemudian perban bisa dilonggarkan. Kemudian itu diangkat. Dua hari pertama, kaki atau tangan yang keseleo diangkat lebih tinggi dari jantung. Tumpuk dengan bantal selama setengah hingga satu jam.

    “Secara gravitasi, cairan yang menyebabkan pembengkakan mengalir ke bawah, dibantu oleh hukum gravitasi,” kata dr Santi lagi.



    https://www.tribunnews.com/kesehatan/2021/09/08/pertolongan-pertama-saat-kaki-alami-keseleo