Pesan KSAD, Lulusan Diktukpa Tidak Kecewa dengan Kehormatan TNI AD

    Letda Cku Anisa yang lulus memiliki kisah sedih selama menempuh pendidikan.

    REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), Jenderal Andika Perkasa berpesan agar lulusan Pendidikan Formasi Perwira (Diktukpa) tahun anggaran 2021 tidak mengecewakan kehormatan yang diberikan oleh Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD). ).

    “Jaga dirimu baik-baik, selamat mengabdi di tempat barumu dan jangan kecewa dengan kebahagiaan dan kehormatan yang diberikan oleh Angkatan Darat dan keluarga kepada semua rekan-rekan perwira muda,” kata Andika melalui saluran. Youtube Pantauan TNI AD di Jakarta, Senin (9/8).

    Arahan dan pesan tersebut disampaikan Kasad bersama Ketua Umum Persit Kartika Chandra Kirana Hetty Andika Perkasa saat menghadiri Sekolah Calon Perwira Angkatan Darat, Bandung, Jawa Barat, untuk menghadiri Upacara Prasetya Perwira Diktukpa TNI Angkatan Darat Tahun Anggaran 2021 .

    Usai upacara, TNI Andika memberikan pengarahan dan berinteraksi langsung dengan 1.224 perwira muda yang hadir dalam upacara Prasetya Perwira. Usai upacara, Andika memberikan kesempatan kepada wisudawan Diktukpa untuk bertemu dengan anggota keluarganya masing-masing.

    Salah satu perwira muda dari Satuan Direktorat Keuangan TNI AD, Letnan Cku Anisa, akhirnya bisa bertemu dan merindukan kedua anaknya setelah menjalani pendidikan. Meski telah kehilangan suaminya hingga tewas, ia mengaku tetap tegar hingga mencapai pangkat Letnan.

    “Kebetulan saya adalah Orang tua tunggal, kurang lebih sudah lima tahun suami kami meninggal dunia,” kata perwira di Korps Wanita (Kowad).

    Anisa menuturkan, saat mereka dididik, kedua anaknya dititipkan kepada orang tuanya. Namun, suatu hari kedua orang tuanya sakit dan anak-anaknya diserahkan kepada mertuanya. Tidak berhenti sampai di situ, lanjutnya, ayah mertua prajurit Kowad itu terpapar Covid-19.

    “Akhirnya anak saya diasuh dan diasuh oleh adik ipar saya,” kata Anisa. Anisa telah melalui perjuangan yang berat dalam menempuh pendidikan di Sekapa AD. Sosok wanita tangguh yang mampu menyelaraskan perannya sebagai ibu dan pahlawan wanita yang mengabdi pada bangsa dan negara.

    Momen haru juga dirasakan oleh prajurit Kowad lainnya, Letnan Norsina Mesah, yang sempat menjalani isolasi akibat terpapar Covid-19. Meski tidak bisa bertemu langsung dengan keluarganya, ia terobati karena Vusa berkomunikasi secara virtual untuk mengobati kerinduannya.

    “Halo Nak, terima kasih atas doanya. Tujuh bulan pendidikan telah selesai, padahal selama tujuh bulan kita tidak pernah bertemu karena menderita Covid-19,” kata Norsina.

    Dalam kesempatan itu, Andika memperhatikan panorama 30 perwira muda yang kelebihan berat badan. Setelah dibina oleh Panglima Sekapa, kini hanya 14 prajurit dari 126 prajurit yang kurus.



    https://www.republika.co.id/berita/qxk15j484/pesan-ksad-lulusan-diktukpa-tak-kecewakan-kehormatan-tni-ad