Pesawat Evakuasi Warga Afghanistan Mendarat Pukul 03.00

    Pesawat itu juga mengangkut lima orang asing Filipina dari Afghanistan.

    REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Pesawat TNI AU yang membawa WNI dari Afghanistan mendarat di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur sekitar pukul 03.09 WIB, Sabtu (21/8). Pesawat tersebut membawa 26 warga negara Indonesia.

    “Alhamdulillah dini hari tadi kami berhasil mengevakuasi WNI dari Afghanistan dan baru saja tiba dengan selamat di Jakarta,” kata Menteri Luar Negeri Retno Marsudi di Bandara Halim Perdanakusuma, Sabtu pagi.

    Kedatangan WNI dari Afghanistan tersebut disambut langsung oleh Menteri Luar Negeri Retno Marsudi didampingi Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto. Retno menjelaskan, pemerintah memulangkan 26 WNI, termasuk staf Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Afghanistan.

    Kemudian lima warga Filipina dan dua warga Afganistan yang merupakan suami WNI dan staf lokal KBRI. “Selain WNI, dalam misi evakuasi ini juga lima warga negara Filipina yang diminta bantuan pemerintah untuk diangkut dalam misi evakuasi Indonesia,” kata Menlu Retno.

    Bantuan mendatangkan warga negara asing dalam misi evakuasi, lanjutnya, bukanlah yang pertama kali dan merupakan kewajiban kemanusiaan yang harus dilakukan.

    Sementara itu, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menambahkan, evakuasi WNI dari Kabul ke Jakarta tidak mudah karena banyak permasalahan dan dinamika di lapangan. “Namun, semuanya dapat terlaksana dengan baik berkat kerja sama antar kementerian dan lembaga sehingga operasi ini dapat berjalan dengan aman dan lancar,” kata Retno.

    Seluruh WNI yang dievakuasi dan anggota tim evakuasi segera menjalani protokol kesehatan sesuai aturan kedatangan dari luar negeri.

    sumber : Antara



    https://www.republika.co.id/berita/qy5v1c328/pesawat-evakuasi-wni-afghanistan-mendarat-pukul-0300