Petani BSI Pamoyanan Masuk Pasar Aqiqah

    Markaz Domba adalah bagian dari BUMM yang diinisiasi oleh Rumah Zakat dan BSM

    REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR — Perekonomian merupakan salah satu sektor yang terdampak berat dan banyak usia produktif yang bekerja dan menjadi korban pemutusan hubungan kerja (PHK), sehingga banyak usaha kecil masyarakat yang gulung tikar. Karena pandemi, banyak yang tidak punya penghasilan sama sekali.

    Oleh karena itu, sekelompok masyarakat di Pamoyanan yang difasilitasi oleh Relawan Rumah Zakat berusaha mengajak masyarakat agar roda perekonomian tetap berjalan, yaitu dengan domba. Peluang yang ada di Pamoyanan banyak lahan yang tidak terpakai atau belum termanfaatkan secara maksimal, Fasilitator Desa BSI yang juga menjadi Relawan Rumah Zakat mengajak masyarakat untuk mengelola lahan yang tidak terpakai tersebut, dari sinilah Lamb Markaz yang di dukung oleh BSI dan Rumah Zakat ini lahir.

    Fasilitator Desa Berdaya Desa BSI Pamoyanan memanfaatkan potensi yang ada di desa berdaya, para petani di Kota Bogor bangkit dan membangun Markaz Domba di ujung Desa Pamoyanan Kota Bogor.

    Markaz Domba merupakan bagian dari BUMMas yang digagas oleh Rumah Zakat dan didukung oleh Laznas BSM dan BSI Desa Berdaya untuk mengembangkan sistem peternakan yang terintegrasi. Elan Jaelani mengatakan, pendirian Markaz Domba didukung oleh Rumah Zakat. Setelah lari, Domba Markaz juga mendapat bantuan dari Bank Syariah Indonesia dan Laznas BSM, di daerah perbukitan ini mereka yang tergabung dalam Kelompok Tani juga ikut mengelola Domba Markaz dan juga menanam rumput odot.

    “Semoga peternakan ini dapat menjawab kebutuhan pangan khususnya daging, karena kebutuhan kami, domba didukung oleh ketahanan pangan, di sini kami memiliki rumput odot dan kami memiliki pengolahan limbah atau kotoran ternak termasuk kotoran ternak, jadi kita terintegrasi mulai dari ternakketersediaan pakan dan pengolahan kotoran ternak menjadi pupuk,” ujar Elan Jaelani, Fasilitator Desa BSI Pamoyanan, Kamis (16/9).



    https://www.republika.co.id/berita/qzsdv6380/peternak-desa-bsi-pamoyanan-rambah-pasar-aqiqah