Petani Cabe Sleman Mulai Gunakan Irigasi Tetes, Apa Artinya?

Irigasi tetes adalah penyediaan air tanaman secara terus menerus dengan selang berlubang

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN – Persatuan Petani Hortikultura di Puncak Merapi Sleman resmi melaksanakan irigasi tetes untuk komoditas cabai. Inovasi ini berlokasi di Desa Ngepas, Desa Donoharjo, Kapanewon Ngaglik, Kabupaten Sleman, DIY.

Irigasi tetes merupakan cara pemberian air pada tanaman secara terus menerus dengan menggunakan lubang kecil di sela-sela tanaman cabai. Jadi, pemanfaatan air akan diterapkan sesuai kebutuhan masing-masing tanaman.

Inoki Azmi Purnomo, Ketua Asosiasi Petani Hortikultura Puncak Merapi, Sleman, mengatakan penerapan metode ini mampu meningkatkan produksi cabai. Selain itu dapat mengoptimalkan biaya produksi karena minimnya penggunaan air.

“Produksi kami meningkat dari semula 7,6 ton per hektare menjadi 8,8 ton per hektare,” kata Inoki, Kamis (8/4).

Peresmian inovasi yang digagas Bank Indonesia ini ditandai dengan penanaman cabai oleh Bupati dan Wakil Bupati Sleman. Wakil Ketua Perwakilan BI DIY, Miyono mengatakan, inovasi ini sebagai bentuk dukungan terhadap ketahanan pangan.

Tahun ini, pelaksanaan irigasi tetes cabai di Sleman sendiri akan dilakukan di lahan seluas 20 hektare. Selain menjaga stok cabai, dia berharap inovasi ini dapat menciptakan stabilitas moneter dengan mengendalikan inflasi dari sisi penawaran.

“BI senantiasa berupaya untuk menjaga stabilitas ekonomi Indonesia, salah satunya dengan meningkatkan kapasitas para pelaku ekonomi dan mengurangi tekanan inflasi pada produk komoditas pokok, dalam hal ini cabai,” kata Miyono.

Bupati Sleman Kustini Purnomo berharap demplot ini bisa menjadi contoh bagi petani dalam mengaplikasikan teknologi tepat guna. Kemudian, hadirnya teknologi ini mampu mendorong generasi milenial untuk memasuki dunia pertanian.

Kustini menilai demplot membantu sosialisasi teknologi budidaya ramah lingkungan kepada petani cabai agar lebih paham. Maka timbullah kesadaran, menerima dan akhirnya memanfaatkan teknologi irigasi tetes.




Source