Petinju ini lolos dari insiden earbite di Olimpiade

    Youness Baalla akhirnya didiskualifikasi setelah insiden tersebut.

    REPUBLIKA.CO.ID, TOKYO — Petinju Selandia Baru David Nyika memenangkan pertandingan debutnya di tinju kelas berat Olimpiade Tokyo 2020. Dalam kemenangan ini, Nyika berhasil melepaskan diri dari menggigit telinga petinju Maroko Youness Baalla.

    “Apakah kamu melihat itu? Saya tidak berpikir wasit melihatnya dan dia adalah orang yang paling dekat,” kata Nyika MARCA, Rabu (28/7).

    Bertempat di Kokugikan Arena, Selasa (27/7), Nyika tampil gemilang di babak 16 besar dengan skor 5-0. Dia bahkan mampu menghindari niat terpuji Baalla yang ditujukan pada daun telinganya.

    Petenis berusia 25 tahun itu sudah memenangi dua ronde pertama dengan mudah saat insiden itu terjadi. Ia cukup terkejut melihat wasit wanita asal Sri Lanka, Nelka Shiromala, relatif tenang atas sikap Baalla di babak ketiga.

    Meski terkejut, Nyika tidak membiarkannya lengah. “Dia tidak menelan seteguk penuh. Untungnya, dia memakai pelindung mulut dan saya sedikit berkeringat. Saya tidak ingat apa yang saya katakan kepadanya tetapi saya memberinya sedikit sentuhan pipi.”

    Youness Baalla akhirnya didiskualifikasi setelah insiden tersebut atas tuduhan perilaku tidak sportif.

    Satuan Tugas Tinju Olimpiade Tokyo 2020 (BTF) mengatakan petinju yang baru berusia 22 tahun itu menunjukkan upaya untuk melukai lawan.

    “Dulu saya pernah digigit di Gold Coast Commonwealth Games. Tapi ayolah, ini Olimpiade,” kata Nyika.



    https://www.republika.co.id/berita/qwy9er438/petinju-ini-lolos-dari-insiden-gigitan-kuping-di-olimpiade