Petugas Empat Titik Kepulangan di Lampung

Empat titik isolasi tersebut berada di perbatasan dengan Kota Bandar Lampung

REPUBLIKA.CO.ID, BANDAR LAMPUNG – Menjelang Ramadhan dan Idul Fitri 1442 H, petugas menutup empat titik masuk dan keluar Bandar Lampung saat diberlakukannya larangan mudik Lebaran. Polres Bandar Lampung mengerahkan 290 personel saat pelarangan mulai berlaku.

Kepala Operasional Polres Bandar Lampung Kompol Arif Rahman Hakim mengatakan, penempatan personel polisi tersebut terjadi pada saat penerapan larangan mudik pada 6-17 Mei 2021. “Penguncian empat titik masih dilakukan. belajar dengan Pemerintah Kota Bandar Lampung, “kata Kompol Arif Rahman Hakim di Bandar Lampung, Jumat (9/4).

Dia mengatakan, empat titik isolasi berada di perbatasan Kota Bandar Lampung, di antaranya Gerbang Tugu Selamat Datang Kota Bandar Lampung, Lapangan Baruna Panjang, Telukbetung Sukamaju Timur, Terminal Rajabasa, dan Terminal Pasar Sentral.

Menurut dia, sebanyak 290 personel akan diterjunkan di pintu keluar-masuk perbatasan Kota Bandar Lampung dan Pos Keamanan. Soal teknis penempatan personel dan satpam masih akan dibicarakan dengan pihak terkait dengan Pemerintah Kota Bandar Lampung.

Menjaga pospam di pintu batas kota, petugas akan menanyakan siapa saja yang masuk ke perbatasan, termasuk sertifikat vaksin dan / atau hasil tes usap. Menurut dia, masalah teknis tersebut masih akan dibahas dengan Pemerintah Kota Bandar Lampung.

Warga mempertanyakan aparat Pospam dan Pemkot Bandar Lampung di perbatasan nanti, apakah warga Lampung bakal mudik di kawasan Lampung. Menurut Fachri, warga Bandar Lampung, rencananya akan kembali ke kampung halaman saat Idul Fitri, namun tetap berada di wilayah Lampung. Lampung dari Kotabumi, Lampung Utara.

Menurut dia, petugas juga akan meminta surat vaksin atau antigen. Ia menambahkan, syaratnya membawa sertifikat vaksinasi, hingga saat ini untuk masyarakat umum belum ada pemberitahuan vaksinasi. “Sampai saat ini Pak RT belum menginformasikan kepada masyarakat umum tentang vaksin. Bagaimana mau mendapat sertifikat vaksin,” ujarnya mempertanyakan persyaratan untuk menunjukkan sertifikat vaksin.

Ia mendukung jika petugas Pospam di perbatasan kota mempertanyakan warga dari luar Lampung yang masuk ke Bandar Lampung, atau menyeberang di Lampung, kecuali untuk kepentingan yang mendesak seperti kematian, sakit, dan hal-hal penting lainnya.




Source