Petunjuk Nabi tentang Menggoyangkan Sepatu

    IHRAM.CO.ID, Jika Anda memiliki sepatu yang sudah lama tidak digunakan dan ingin memakainya kembali, jangan terburu-buru untuk segera memakainya. Untuk benda-benda yang sudah lama tidak digunakan khususnya sepatu, Rasulullah telah memberikan petunjuk agar dalam menggunakan sepatu tersebut kita bisa nyaman dan terhindar dari segala hal yang berpotensi merugikan diri kita sendiri.

    Nabi mengajarkan untuk menggoyangkan sepatu terlebih dahulu. Dengan tujuan agar semua kotoran dan apapun yang ada di dalam sepatu bisa keluar. Sehingga sepatu bisa bersih dan nyaman digunakan. Karena mungkin ada kotoran di sepatu, atau bahkan hewan kecil yang mematikan seperti kalajengking, laba-laba dan sebagainya.

    Uraian Nabi tentang mengibas-ngibaskan sepatu yang sudah lama tidak digunakan dapat ditemukan dalam kitab Targib wat Tarhib.

    الَ لَّى اللَّهُ لَيْهِ لَّمَ : انَ اللَّهِ الْيَوْمِ الْاَخِرِ لَا لْبَسْ ا.

    Rasulullah bersabda: Barangsiapa yang beriman kepada Allah dan Hari Akhir, janganlah memakai sepasang sepatu sampai ia melepaskannya terlebih dahulu.

    Apa yang disampaikan oleh Nabi menunjukkan kebesaran ajaran Islam. Yaitu bahwa Islam sangat memperhatikan kebersihan, kesehatan, dan keselamatan. Bahkan cara menggunakan sepatu telah dicontohkan oleh Rasulullah. Selain itu, informasi ini tidak hanya berlaku saat akan menggunakan sepatu. Saat ingin menggunakan baju atau celana, sarung tangan, handuk, terutama yang sudah lama tidak dipakai, sebaiknya dikibaskan terlebih dahulu. Untuk khawatir jika ada kotoran atau hewan kecil yang menempel.



    https://www.ihram.co.id/berita/qz9qgy335/tuntunan-rasulullah-tentang-mengibaskan-sepatu