PGN Raih Top CSR Awards 2021

CSR yang berada pada level bintang 4 terkait dengan penyelarasan strategi perusahaan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA- – Berkat komitmen dalam menjalankan tanggung jawab sosial dan kepedulian yang tinggi terhadap sosial, ekonomi, dan lingkungan, PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) dianugerahi Top CSR Awards 2021 #Star 4 dari Majalah Top Business, (22/4).

Perolehan Top CSR Award 2021 Star 4 menunjukkan bahwa sistem, kebijakan dan implementasi CSR di PGN berada pada level “Sangat Baik” dan mendukung strategi bisnis perusahaan. Baik selama Pandemi COVID-19 dan untuk pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan.

Sekretaris Perusahaan PGN Rachmat Hutama menjelaskan, CSR perusahaan yang berada pada level bintang 4 terkait dengan penyelarasan program CSR dan strategi bisnis perusahaan dengan menggunakan inisiatif CSR yang mengadopsi CVS (Creating Shared Value) dan ISO 26000 SR. ISO 26000 adalah panduan tingkat internasional tentang tanggung jawab sosial perusahaan (CSR).

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama PGN Suko Hartono diangkat menjadi salah satu Top Leader pada CSR Commitment 2021, kata Rachmat.

Penghargaan tersebut diberikan kepada Business Leader perusahaan, karena dinilai memiliki komitmen yang tinggi dalam mendukung kelengkapan tata kelola dan keberhasilan implementasi CSR di perusahaan. Mengingat tata kelola dan keberhasilan CSR perusahaan akan sulit dicapai secara efektif jika Top Business Leader tidak memiliki komitmen yang tinggi terhadap CSR perusahaan.

“Secara aktif dan berkelanjutan, PGN terus melaksanakan program bina lingkungan yang melibatkan berbagai elemen masyarakat. Dukungan dari masyarakat khususnya di sekitar wilayah operasional PGN menjadi bagian penting dari kemajuan PGN. Untuk itu, PGN juga berinvestasi melalui program CSR sehingga bahwa kehadiran PGN dapat memberikan manfaat sosial dan ekonomi bagi masyarakat, ”kata Rachmat.

Salah satu bentuk implementasinya adalah pembangunan desa di sekitar wilayah operasional menjadi desa yang maju dan mandiri, sehingga dapat mendukung pembangunan yang berkelanjutan. Desa sasaran PGN antara lain Desa Teluk Terate di Serang, Desa Sriminosari di Lampung, Desa Pagardewa di Muara Enim, dan Desa Tembesi di Batam.

“Program yang dilaksanakan di desa dampingan bermacam-macam. Di Desa Sriminosari, Lampung misalnya, PGN binaan pembentukan BUMDES Tridaya Minosari Prima, fasilitas air isi ulang, keuangan mikro, BUMDESMart, dan pariwisata,” kata Rachmat.

PGN bekerja sama dengan pemerintah daerah dan lembaga konsultasi agar upaya pendampingan, permodalan, pembentukan kelembagaan, pemasaran dan pelatihan infrastruktur di desa dampingan program dapat berjalan dengan lancar.

PGN juga berkontribusi dalam pengembangan dan pengembangan Pusat Ekonomi Desa (Balkondes) di Desa Karangrejo, Magelang, Jawa Tengah. Balkondes dibangun untuk memperkuat layanan dan meningkatkan kunjungan wisatawan dengan menyediakan layanan kamar homestay.

“Pengelolaan Desa Wisata Karangrejo yang prima berhasil menarik perhatian Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno saat berkunjung ke sana. Bulan lalu, Desa Karangrejo mendapatkan sertifikasi sebagai Desa Wisata Lestari dari Kementerian Pariwisata RI,” kata Rachmat .

PGN juga berkomitmen membantu pemerintah dalam mengatasi dampak pandemi Covid-19 terhadap masyarakat. Secara total, PGN Grop telah mengeluarkan dana sekitar 19,9 miliar untuk membantu masyarakat terdampak Covid-19. Bersama anak perusahaan, PGN memberikan bantuan sembako, masker, hand sanitizer, penyemprot disinfektan, dan perlengkapan APD untuk tenaga medis di berbagai daerah.

“Kami berterima kasih kepada penyelenggara dan seluruh juri yang telah mempercayakan PGN sebagai salah satu penerima penghargaan. Dari penghargaan ini dapat menjadi sarana pembelajaran untuk terus meningkatkan kualitas CSR dalam mendukung bisnis perusahaan yang berkelanjutan,” ujar Rachmat.




Source