PLN Disjaya memprediksikan beban puncak listrik mencapai 3.103 MW pada Idul Fitri 2021

Laporan Jurnalis Tribunnews.com, Reynas Abdila

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Unit Distribusi Utama PLN Jakarta Raya menjamin pasokan listrik di ibu kota dan sekitarnya aman jelang Idul Fitri 4421 H atau 2021.

General Manager PLN Unit Utama Distribusi Jakarta Raya Doddy B. Pangaribuan menjelaskan realisasi beban puncak selama Idul Fitri 2020 sebesar 3.038 megawatt (MW) pada pukul 21.00 WIB.

Menurut dia, prediksi beban listrik puncak selama Idul Fitri 2021, 13 Mei 2021 sebesar 3.103 MW.

Prediksi kami untuk beban puncak Lebaran naik 2 persen dibanding tahun lalu, kata Doddy kepada wartawan, Senin (10/5/2021).

Selama periode Idul Fitri Idul Fitri tidak ada pekerjaan terencana yang memerlukan pemadaman listrik kecuali dalam kondisi mendesak atau force mayor.

Baca juga: Danamon Siapkan Rp 2,5 Triliun untuk Kebutuhan Tunai Saat Lebaran

Rumah sakit rujukan dan fasilitas pendukung penanganan Covid-19 di Jakarta dan sekitarnya juga tetap berstatus siaga, dilengkapi dengan 2 sumber tegangan.

Baca juga: Jaga Kebutuhan Tunai Lebaran, BCA Siapkan Rp 53 Triliun

Pantauan Idul Fitri tentunya masjid-masjid di Jakarta dan sekitarnya dan yang utama pantau adalah Masjid Istiqlal di Jakarta Pusat.

Baca juga: Cek jadwal operasional BRI, BNI, Mandiri, BCA saat libur Idul Fitri

Masjid Istiqlal disuplai dari 2 sumber listrik yang berbeda dengan keandalan yang sama. Jika ada kendala dari sumber utama, segera dialihkan ke sumber cadangan.

Masjid Istiqlal juga dilengkapi dengan Uninterruptible Power Supply (UPS) 40 kVA sehingga tegangan listrik lebih stabil.

“Untuk masjid dan tempat ibadah lain yang daya listriknya kurang, bisa memanfaatkan tambahan penghematan daya dalam program Ramadhan Blessing dari PLN,” kata Doddy.

PLN telah menyiapkan 2.356 personel, 17 posko, 17 unit gardu induk, 6 unit mobil deteksi, 4 unit kabel seluler, 20 unit powerbank, dan 4 unit crane. Sebelum masa standby, PLN memastikan peralatan penunjang dalam kondisi baik dan siap dioperasikan.

“Setiap hari, PLN selalu siap dan siap menjaga keandalan pasokan listrik. Namun, pada hari-hari besar tertentu, kewaspadaan ditingkatkan,” kata Doddy.




Source