PNM Siap Turunkan Bunga Cicilan Pinjaman Nasabah Mekaar

    Wartawan Tribunnews.com, Ismoyo

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – PT Permodalan Nasional Madani (PNM) memastikan akan segera mengurangi cicilan kredit bagi nasabah Mekaar.

    Mekaar adalah singkatan dari Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera.

    Mekaar merupakan layanan permodalan yang diperuntukan bagi perempuan prasejahtera yang merupakan pelaku usaha ultra mikro, baik yang ingin memulai usaha maupun mengembangkan usaha.

    Direktur Utama PNM, Arief Mulyadi mengatakan kegiatan pertumbuhan bisnis dan pemberdayaan PNM ke depan berpotensi semakin besar setelah terbentuknya Ultra Micro Holding.

    Dengan holding ini, perkembangan akan lebih masif dan penyaluran kredit modal lebih produktif dengan cicilan bunga yang lebih rendah.

    “Pengurangan angsuran (bunga) akan terjadi setelah holding. Saat ini sedang dibahas bersama. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan,” kata Arief dalam keterangannya, Sabtu (28/8/2021).

    Baca juga: Erick Thohir Janji, Cicilan Ibu-Ibu Pelanggan PNM Mekaar Akan Segera Turun

    Dengan integrasi ekosistem ultra mikro tersebut, PNM meyakini nasabah Mekaar akan mendapatkan keuntungan berupa penurunan suku bunga pinjaman sekitar 3%.

    Baca juga: PP Holding Ultra Mikro Terbit, Dirut PNM: Pemberdayaan Bisnis Akan Massive

    Sinergi ini juga akan lebih menguntungkan masyarakat kecil karena dapat mengoptimalkan peran pemberdayaan PNM dengan menekan biaya overhead sekitar 8 persen.

    Baca juga: Kunjungi Pelaku Usaha Ultra Mikro, Erick Thohir: Perempuan Tangguh Pahlawan Ekonomi Warga

    Selain itu, penguatan ekosistem bisnis ultra mikro nasional melalui holding diharapkan dapat memberikan akses pendanaan yang lebih murah, turun sekitar 7 persen hingga 9 persen.

    “Ekosistemnya pasti akan lebih besar. Pelaku (usaha) ultra mikro bisa langsung bekerjasama dengan pengusaha menengah, bahkan korporasi,” tutup Arief.

    Sebagai informasi, Pemerintah melalui Kementerian BUMN saat ini tengah mempercepat pembentukan Ultra Micro BUMN Holdings.

    Holding tersebut terdiri dari tiga entitas BUMN, yaitu PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk sebagai holding holding company, serta PT Pegadaian (Persero) dan PT PNM (Persero).

    Diharapkan ultra micro holding dapat memberikan layanan pembiayaan yang murah, mudah, dan efisien

    Diketahui, saat ini di masyarakat menjamur lembaga perkreditan pembiayaan yang menerapkan skema bunga tinggi. Yang tentunya sangat memberatkan masyarakat.



    https://www.tribunnews.com/bisnis/2021/08/28/pnm-siap-turunkan-bunga-cicilan-untuk-pinjaman-nasabah-mekaar