Polda Gorontalo Luncurkan Zona Integritas

Pencanangan pembangunan zona integritas merupakan langkah awal keberhasilan reformasi birokrasi

REPUBLIKA.CO.ID, GORONTALO – – Polda Gorontalo mendeklarasikan zona integritas pada Jumat (23/4). Pencanangan zona integritas menuju Kawasan Bebas Korupsi (WBK) dan Kawasan Birokrasi Pelayanan Bersih (WBBM) dipimpin langsung oleh Kapolda Gorontalo, Irjen Pol Dr Akhmad Wiyagus, SIK, di Aula Titinepo Polri Markas besar.

“ Melalui penandatanganan ini saya berharap apa yang kita lakukan hari ini menjadi penyemangat bagi Polda Gorontalo. Saya mengajak Kasatker dan seluruh personel untuk memberikan dukungan dan bekerja sama, ” kata Wiyagus dalam siaran pers yang diterima. Republika.co.id.

Sejumlah pejabat hadir dalam acara tersebut. Diantaranya adalah Inspektur Provinsi Gorontalo, Sukril Gobel, Ketua Pengadilan Tinggi Gorontalo, Nugroho Setiadji, Ketua Ombudsman RI, Perwakilan Gorontalo, diwakili oleh Kepala Penyidikan, Lucky Rantung, Kepala Kanwil DJPB Gorontalo. Provinsi diwakili oleh Kepala SKKI Teguh Irwono, Kepala BPKP Gorontalo diwakili oleh Korwas Bid Investigasi, Ade Priantro, serta Pimpinan Polda Gorontalo beserta Kapolres dan jajarannya.

Menurut Wiyagus, pencanangan pembangunan zona integritas merupakan langkah awal dan bagian dari keberhasilan reformasi birokrasi. Langkah ini dimulai dengan penataan sistem tata kelola yang baik, efektif, efisien, pelayanan prima, dan memuaskan. Reformasi birokrasi yang merupakan komitmen seluruh institusi dan aparatur pemerintah serta pelayanan publik dapat dinilai dari seberapa besar perubahan mendasar yang dilakukan secara bertahap, ” ujarnya.

Harapannya, lanjut Wiyagus, mampu membentuk karakter aparatur birokrasi secara pribadi dan kelembagaan serta berdampak positif dan dirasakan langsung oleh masyarakat. “Mari kita bekerja sama dalam menjalankan tugas mewujudkan pembangunan zona integritas menuju kawasan bebas korupsi dan kawasan birokrasi yang bersih dan melayani,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Humas Polda Gorontalo Kombes Pol Wahyu Tri Cahyono, SIK mengatakan, Polda Gorontalo bertekad mewujudkan pengembangan zona integritas menuju Polisi Presisi. Ia mengatakan, dalam membangun zona integritas, salah satu tahapannya adalah dengan melaksanakan pencanangan. Hal tersebut, kata dia, merupakan upaya penting dan wujud pernyataan bahwa Polda Gorontalo beserta jajarannya siap menyandang predikat zona integritas sebagai WBK dan WBBM.

Wahyu mengatakan zona integritas terhadap WBK dan WBBM di lingkungan Polri mengacu pada Surat Keputusan Kapolri Nomor: KEP / 580 / VI / 2016 tanggal 9 Juni 2016. “ Polda Gorontalo bertekad merealisasikan pengembangan zona integritas menuju Polri yang tepat. Penetapan ini harus didukung dan dilaksanakan oleh seluruh jajaran Polda Gorontalo, ”imbuhnya.




Source