Polda Metro Terapkan Filterisasi di Takbiran Night

Penyaringan dilakukan pada kendaraan yang dicurigai sebagai bagian dari survei perjalanan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Polda Metro Jaya melakukan penyaringan pada malam Idul Fitri 1442 Hijriah di sejumlah jalur dan titik untuk mencegah keramaian akibat takbiran travelling. Kapolda Metro Jaya Inspektur Jenderal Fadil Imran di Polda Metro Jaya, Rabu (12/5), mengatakan, penyaringan dilakukan mulai pukul 18.00 hingga 22.00 WIB.

“Kita menerapkan pola penyaringan kendaraan, dimana jika kita menemukan kendaraan yang ingin melakukan perjalanan pulang pergi kita diberikan pengarahan, diberikan edukasi, dan diarahkan untuk kembali ke rumah masing-masing,” kata Fadil.

Jika penyaringan dirasa kurang efektif meredam keramaian, Polda Metro Jaya menerapkan “Crowd Free Night” mulai pukul 22.00 WIB. “Semua yang tidak tertarik di jalan dan tidak bisa menunjukkan alasan yang benar dan dapat segera menindak massa untuk kembali ke rumah mereka,” katanya.

Dalam pelaksanaan dua kegiatan tersebut diturunkan 1.024 personel gabungan Polda Metro Jaya-Kodam Jaya dan Pemprov DKI Jakarta. Adapun poin-poin penyaringan kendaraan dan acara “Crowd Free Night” malam ini sebagai berikut:

Jalan -Sudirman
-Jalan Thamrin
-Patung Kuda Bulat
-Cara Harmoni
-Veteran Street
-Jalan Gambir

sumber: Antara




Source