Polisi: 12 Teroris Diduga Ditangkap di Jakarta Belum Berafiliasi dengan JAD dan Jemaah Islamiah

Laporan Jurnalis Tribunnews.com, Igman Ibrahim

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Kepolisian Indonesia menyatakan bahwa 12 terduga teroris yang ditangkap di Jakarta dan sekitarnya tidak berafiliasi dengan kelompok Jamaah Ansharut Daulah (JAD) dan Jamaah Islamiah (JI).

Kepala Penum Divisi Humas Polri Kombes Pol Ahmad Ramadhan mengatakan, 12 terduga teroris tersebut memang kelompok yang dipimpin oleh seseorang berinisial HH yang juga ditangkap di Condet, Jakarta Timur.

Baca juga: Tersangka Teroris yang Ditangkap di Pasar Rebo Mendirikan Lokasi Uji Coba Peledakan Bom di Bogor

Namun, kata Ahmad, mereka tidak berafiliasi dengan JAD atau kelompok teroris JI.

Jadi, kedua belas tersangka teroris itu satu kelompok. Tapi mereka tidak berafiliasi dengan kelompok terorisme JAD dan JI, ”kata Ahmad kepada wartawan, Minggu (11/4/2021).

Meski begitu, Ahmad mengatakan tindakan semua tersangka memenuhi dugaan tindak pidana terorisme.

Baca juga: Sebelum Diamankan, Teroris DPO Nauval Farisi Salurkan Bansos Covid-19 Awal Februari

Pasalnya, mereka diketahui berencana membuat bom aseton peroksida (TATP) yang akan digunakan untuk menyerang polisi, SPBU, dan toko milik orang asing.

“Jadi perbuatannya masih memenuhi unsur tindak pidana terorisme,” ucapnya.

Sebelumnya, Densus 88 Antiteror Polri masih memburu 4 terduga teroris yang masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO) di Jakarta dan sekitarnya.

Diketahui, Densus 88 Antiteror Polri sebelumnya telah menetapkan 6 tersangka teroris sebagai buronan. Namun, dua di antaranya sudah ditangkap Densus 88.

Kepala Divisi Humas Penum Polri Kombes Pol Ahmad Ramadhan mengatakan terduga teroris yang masih buron adalah ARH, YI, S dan SA.

Sedangkan terduga teroris yang baru ditangkap adalah NF dan W di wilayah Jakarta.

“Ada 6 OPD, dua ditangkap. Artinya, ada 4 OPD lagi yang belum ditangkap,” kata Ahmad di Mabes Polri, Jakarta, Jumat (9/4/2021).

Ahmad menyampaikan ada 12 terduga teroris yang ditangkap di Jakarta dan sekitarnya.

“Hingga saat ini, ada 12 tersangka yang sudah diamankan penyidik ​​Densus 88 di wilayah Jakarta dan sekitarnya. Itu update terkait penanganan terorisme di wilayah DKI Jakarta,” ujarnya.




Source