Polisi Gorontalo Balikkan 525 Pemudik

    Penjaga di perbatasan akan diperketat dan diperpanjang hingga 24 Mei.

    REPUBLIKA.CO.ID, GORONTALO – Dalam pemberlakuan larangan mudik Lebaran, Polda Gorontalo membalikkan sekitar 525 pemudik yang hendak masuk ke provinsi ini. Ada empat gerbang menuju Provinsi Gorontalo yaitu di Molosipat, Tolinggula, Atinggola dan Taludaa Bone.

    “Ratusan pemudik akan masuk Provinsi Gorontalo, tapi petugas gabungan ditempatkan di posko membalikkan kendaraan,” Kabag Humas Polda Gorontalo Wahyu Tri Cahyono dalam siaran pers diterima. Republika.co.id, Senin (17/5).

    Menurut Wahyu, sebanyak 525 pemudik yang dipulangkan menggunakan kendaraan roda dua, sebanyak 287 unit, 93 mobil pribadi, dua bus, empat mobil travel, dan 18 jenis kendaraan lainnya. Di Molosipat, kata dia, terdapat 41 kendaraan roda dua, 32 mobil pribadi, dua bus, dan empat mobil travel.

    Di Taludaa Bone, lanjutnya, terdapat 222 kendaraan roda dua, 44 kendaraan pribadi, dan 18 jenis kendaraan lainnya. Di Tolinggula terdapat 13 kendaraan roda dua dan empat mobil pribadi. Sedangkan di Atinggola terdapat 11 kendaraan roda dua dan 11 mobil pribadi.

    Wahyu mengatakan, sejauh ini penyumbatan di empat pintu masuk kawasan Gorontalo berjalan lancar. Namun, ada beberapa pemudik yang protes. Setelah diberi pengertian oleh petugas, imbuhnya, mereka memahami dan mengindahkan perintah petugas.

    Dia mengatakan, pengisolasian di empat pintu masuk ke Gorontalo akan dilakukan hingga 24 Mei. “Kebijakan pelarangan mudik diambil pemerintah untuk menyelamatkan masyarakat dari penyebaran Covid19,” ujarnya.

    Wahyu mengatakan, berdasarkan hasil uji rapid antigen sampling wisatawan yang akan ke Gorontalo, dua orang dinyatakan positif Covid 19. Orang yang dinyatakan positif Covid diarahkan oleh petugas untuk melakukan isolasi mandiri.

    “Jadi, petugas diarahkan untuk melakukan isolasi mandiri. Ini menjadi perhatian, dan perlu dipahami oleh seluruh masyarakat,” ucapnya.

    Sedangkan untuk mengantisipasi arus balik dan tradisi Lebaran Ketupat di hari ketujuh setelah Lebaran, kata Wahyu, akan dilakukan peningkatan pengamanan di empat pintu masuk Provinsi Gorontalo.

    Berdasarkan hasil koordinasi dengan BPBD provinsi, pengamanan perbatasan akan diperketat dan diperpanjang hingga 24 Mei, katanya.




    Source