Polisi Penjaga 147 Masjid di Bogor Dengan Banyak Jemaah

    REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR – Sebanyak 147 dari 850 masjid di Kota Bogor akan dijaga Polres Ramadhan dari Polres Bogor Kota selama bulan Ramadhan. Pengamanan itu dilakukan untuk mencegah penyebaran Covid-19 di tengah aktivitas keagamaan selama bulan Ramadhan lewat operasi Kurma Raya.

    Kapolresta Bogor Kota, Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro menjelaskan, ke 147 masjid tersebut diketahui memiliki jumlah jemaah yang banyak jika dibandingkan masjid lainnya.

    Susatyo menjelaskan, ada 200 personel yang diturunkan sebagai Polres Ramadhan. Guna memastikan terlaksananya protokol kesehatan di masjid, nantinya polisi akan bekerja sama dengan marbot dan Dewan Kesejahteraan Masjid (DKM) di masing-masing masjid.

    “Dari 850 masjid yang kami data, ada 147 masjid yang memiliki jemaah cukup banyak. Makanya kami siapkan 200 petugas Polsek Ramadhan khusus hanya untuk bekerjasama dengan marbot dan DKM agar sama-sama bisa menerapkan tata tertib kesehatan di tempat ibadah, “kata Susatyo, Senin (12/4).

    Selain itu, lanjutnya, akan ada enam pos jaga tetap yang tersebar di lokasi-lokasi yang berpotensi ramai di bulan Ramadhan. Pos jaga disiapkan untuk menjaga keamanan dan ketertiban umum. Apalagi menjelang waktu berbuka puasa dimana masyarakat sering melakukan kegiatan ngabuburit.

    Jadi titiknya ada di BNR, Jalan Pandu Raya, Yasmin, Bubulak dan lain-lain. Jadi pos-pos ini sudah kita siapkan untuk mencegah pelanggaran protokol kesehatan dan gangguan jaminan sosial seperti treks dan sebagainya, ”jelas Susatyo.

    Tidak hanya itu, kata Susatyo, akan ada 300 personel yang berpatroli untuk mencegah terjadinya keramaian akibat kegiatan ngabuburit dan sahur di jalan raya (SOTR).

    Operasi Kurma Raya akan berlangsung selama dua minggu ke depan, pungkasnya.


    Source