Pomato, Tanaman Persilangan Solusi Krisis Pangan

    Di atas tanah, tanaman pomato menghasilkan tomat dan di bagian bawah menghasilkan kentang

    REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Tanaman hibrid atau tanaman silang bisa menjadi solusi dalam mempermudah menanam lebih banyak makanan. Contohnya adalah tanaman setengah kentang dan setengah tomat yang disebut Pomato.

    Selain terdengar seperti sesuatu yang keluar dari film fiksi ilmiah, setengah tanaman kentang dan setengah tomat dapat membantu memenuhi permintaan makanan. Dilansir Euro News Green, Minggu (8/8), buah pomato pertama kali ditanam di Jerman. Tanaman ini dapat meningkatkan efisiensi produksi pangan tanpa mempengaruhi kualitas tanaman.

    Meski terlihat sangat berbeda, kentang dan tomat keduanya termasuk dalam genus yang sama (urutan taksonomi di atas spesies) sehingga dapat ditanam sebagai satu tanaman. Di atas tanah, pomato menghasilkan tomat dan di bawah menghasilkan kentang.

    Meskipun proses ini merupakan praktik hortikultura kuno, mengumpulkan sayuran bertangkai lunak seperti ini adalah praktik yang lebih baru. Tanaman hibrida ini dapat membantu membuat tanaman lebih efisien dengan memaksimalkan hasil yang dapat dihasilkan di lingkungan perkotaan. Jumlah makanan yang lebih besar dapat ditanam di ruang kecil seperti balkon atau atap.

    Hal ini dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi ketahanan pangan di negara-negara seperti Kenya di mana populasi tumbuh pada tingkat yang cepat. Lebih banyak orang berarti lebih banyak makanan tetapi lebih sedikit lahan pertanian yang dapat digunakan. Memaksimalkan efisiensi membantu memerangi masalah ini serta kekurangan air dan penyakit.

    Bagaimana Anda bisa menanam lebih dari satu tanaman dalam satu tanaman? Buah dan sayuran hibrida ini diproduksi menggunakan proses yang disebut okulasi yang menggabungkan jaringan dari dua atau lebih tanaman. Teknik ini telah digunakan oleh petani selama ribuan tahun untuk mereproduksi varietas pohon buah-buahan.

    Biasanya, ini adalah kombinasi dari dua tanaman, satu yang berfungsi sebagai ‘batang akar’ dan ‘batang atas’ yang menempel. Namun, ada banyak contoh buah yang digabungkan untuk menciptakan apa yang disebut pohon ‘salad buah’.



    https://www.republika.co.id/berita/qxj1ub459/pomato-tanaman-kawin-silang-solusi-krisis-pangan